Workshop Daring KYM Lahirkan Buku Puisi Solo

user
tomi 28 Juli 2020, 15:36 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Setelah melalui proses panjang, akhirnya ratusan peserta workshop Daring di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Komunitas Yuk Menulis (KYM) berhasil melahirkan karya buku puisi solo. Workshop yang diikuti 234 peserta tersebut dilaksanakan tujuh hari belum lama ini diteruskan membuat karya sekitar 21 hari.

Founder KYM Vitriya Mardiyati menjelaskan, sampai dengan Minggu (26/7), 164 naskah cover sudah jadi, 26 antri cover, dan sisanya dalam tahap edit.

Untuk menerbitkan buku prosesnya tidak rumit, naskah wajib ada urutan : judul dan nama penulis, editor, persembahan/ kata pengantar, isi naskah, profil penulis berupa deskripsi dan foto. “Setelah dikirim akan diperiksa sesuai dengan visi misi KYM, jika dinyatakan lolos diminta membeli 10 buku. Di KYM baik cover, ISBN, lay out, sertifikat semuanya free,” ujar Vitriya.

Guru Seni Budaya MTsN 6 Kulon Progo Drs Sutanto, merasa puas bergabung di KYM, setelah sebelumnya berhasil menerbitkan buku solo cerita anak, sekarang karyanya yang berjudul ‘Nada-nada Cinta’ berisi 52 puisi siap diterbitkan. “Rasanya hampir tidak percaya bisa menerbitkan buku solo. Dulu hanya impian, dengan gabung di KYM menjadi kenyataan,” ujar Sutanto.

Guru SD Lempuyangwangi, Giyoto yang membuat buku ‘Kisah Sang Pemungut Kata’ berisi 42 puisi, merasakan kesan yang luar biasa gabung di komunitas yang berdiri sejak 2006 tersebut. Selain bertambah saudara, tambah wawasan. (Rar)

Credits

Bagikan