Hari Ini Terakhir 'Tetabuhan Nusaraya' di Museum Sonobudoyo

user
agung 05 Mei 2017, 04:09 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Ratusan alat musik dari berbagai daerah di Indonesia di pamerkan di Museum Sonobudoyo hingga 5 Mei 2017. Pengunjung bahkan bisa mencoba alat musik tradisional di arena pameran.

Alat musik yang antaralain seperti genta, alat musik yang ada sejak masa Hindu-Budha. Krumpyung, alat musik tradisional khas Kulonprogo beserta ratusan koleksi lainnya dipamerkan dalam acara yang Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara 2017. Tema yang diusung yaitu 'Tetabuhan Nusaraya : Sounding The diverse Collectivities'.

Acara yang  bekerja sama dengan Dapur Etnik, salah satu produsen alat musik tradisional di Yogyakarta ini berlangsung pada tanggal 26 April hingga 5 Mei 2017 dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Yang menarik dari acara pameran ini adalah selain menampilkan berbagai koleksi alat musik Nusantara, para pengunjung diberikan kesempatan untuk mencoba memaikan alat musik di area yang telah disediakan. Salah seorang pengunjung, Arum, asal Semarang yang datang bersama keluarganya menuturkan bahwa ia senang dapat mengunjungi pameran ini.

“Rombongan saya sedang ke Malioboro, sedangkan saya tidak terlalu suka ke sana makanya anak-anak saya ajak ke area sini. Kebetulan melihat pameran ini dan masuk. Pamerannya bagus buat anak-anak jadi bisa belajar,” ujarnya.

Selain pameran Pameran Alat musik acara ini juga menampilkan pementasan musik etnik, seninar nasional, Museum masuk sekolah, Kurator Class, pemutaran film museum dan workshop pembuatan alat music tradisional. Untuk informasi lebih lengkap mengenai rangkaian acara dan waktunya bisa langsung datang ke museum sonobudoyo. (Nurul Azizah)

Kredit

Bagikan