Rilis Video Musik "We Dont Care", Xman Ndugal Pertegas Kepemilikan Lagu

user
Ary B Prass 30 Agustus 2022, 15:05 WIB
untitled

Krjogja.com, Yogya -  Komplotan hiphop asal Yogyakarta, Xman Ndugal baru-baru ini merilis video musik lagu lawas berjudul "We Dont Care" ke kanal youtube mereka. Video musik yang digarap bersama rumah produksi Aspal Berdarah itu diluncurkan di Sleman Creative Space (SCS) lalu mendapat banyak respon positif dari pengamat, musisi, dan penikmat musik yang datang memenuhi undangan.

Dalam peluncuran itu pula, Willy Novianto, Yoga Hendra Pratama, dan Agung Dwiyanto menegaskan bahwa video musik itu menegaskan kepemilikan lagu yang selama ini diklaim pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Setelah sekian lama lagu original kami diupload bahkan diklaim secara ilegal dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan kerja sama melalui teman teman rekan dan sahabat serta musisi dan pelaku seni, akhirnya kami menang banding atas lagu ini," kata Willy.

"We Dont Care" sendiri pertama kali mereka luncurkan ke Reverbnation sekitar tahun 2014. Mereka tidak merilisnya ke platform lainnya kala itu. Sejumlah orang sempat mengontak mereka, minta izin untuk mengunggah 'We Dont Care' ke kanal youtube pribadi. Semangat komunitas dan antiribet anak-anak Yogyakarta itu ternyata disalahgunakan oleh pihak-pihak lainnya yang mengunggah tanpa izin lalu menerima revenue atas karya mereka di Youtube.

Kondisi itu baru mereka ketahui medio 2019 ketika 'We Dont Care' meledak di platform Tiktok. Berkat bantuan dari kawan-kawan , mereka sukses memenangkan banding dari pihak publisher dan agregator. Willy membeberkan jalan untuk merebut kembali hak mereka tidak mudah.

"Kami banding nyaris sampai tiga kali. Pertama banding kami ditolak. Kami banding lagi terus foto copy KTP dan lain-lain. Kalau sampai ditolak lagi kami sudah siapkan master aslinya kemarin, syukurlah bisa memenangkan hak kami," kenang Willy.

Dalam waktu dekat rencananya mereka akan merilis sembilan sampai sepuluh track yang sempat diluncurkan delapan tahun lalu. Yang terdekat, video musik 'This is YK' bakal dihunus. (*)

Kredit

Bagikan