JOGJAC 2022 Ajang Mengasah Bermusik Jazz

user
danar 14 Juli 2022, 09:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Sukses di tahun 2021, Program Studi D4 Penyajian Musik (PSD4PM) Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Yogyakarta kembali menggeber Jogjakarta International Jazz Camp (JOGJAC) 2022 di ISI Yogyakarta. Even ini dinilai sangat bermanfaat menunjang pembelajaran dan peningkatan ketrampilan mahasiswa dalam bermusik (khususnya minat popjazz).

"JOGJAC 2022 mendatangkan dosen-dosen musik dari beberapa negara, yaitu Mr Lautaro Quevedo (S3 degree), Chile – Piano, Pablo Calzado, Cuba – Drum, Mr Rubem Farias, Swedia (S2 degree) – Contra dan Electric Bass, Mr Kuba Skowronski, Poland (S2 degree) – Saxophone, Flute, Piano. Juga Nita Aartsen (S3 degree), Indonesia – Vokal, Piano," tutur Pembantu Dekan I Fakultas Seni Pertunjukan Dra. M. Heni Winahyuningsih MHum kepada wartawan, Rabu (13/7/2022) sore di Kampus ISI Yogyakarta.

Didampingi Ketua Jurusan D-4 Penyajian Musik Drs Josias Tuwondai Adriaan MHum disebutkan jumlah peserta dr mahasiswa 54 orang, dari umum 10 peserta (Indonesia dan luar negeri). "Selama 5 hari, 13–17 Juli 2022 dengan tema besar belajar musik jazz “Colab & Evolve”. Materi meliputi sejarah musik jazz, rhythm, harmoni, Teknik per instrumen musik. Para peserta setiap harinya akan berkolaborasi dalam group session," jelasnya.

Diselenggarakan pula masterclass dan resital pada Minggu (17/7/2022) di hari terakhir sebagai penutup sekaligus evaluasi pembelajaran. "Resital akhir menampilkan mahasiswa-mahasiswa peserta berkolaborasi dengan para dosen, Minggu (17/7/2022) Pukul 14.00 –16.00 WIB dan 19.00 – 21.00 WIB di Laboratorium Seni," jelas Josias.

Selaku Ketua Prodi Josias dan Singgih Sanjaya, dosen prodi bersama dengan Nita Artsen dan Lautaro Quevedo, instruktur piano dari Chile duduk bersama untuk menyusun rencana kegiatan sehingga program pembelajaran ininselaras dengan materi perkuliahan.

"PSD4PM adalah prodi vokasi dengan konsentrasi penyajian musik klasik dan popjazz. Kegiatan pembelajaran sangat mengedepankan praktik untuk menunjang ketrampilan mahasiswa. Para dosen PSD4PM juga adalah akademisi sekaligus praktisi musik yang hingga kini masih aktif berkarya dan terlibat dalam dunia seni pertunjukan," jelasnya. (Vin)

Credits

Bagikan