Ketoprak Lakon 'Sekar Seda Lepen' Pentas di Hargosari

user
Danar W 06 Oktober 2022, 07:10 WIB
untitled

Krjogja.com - GUNUNGKIDUL - Dalam pentas dimana pun, generasi muda Gunungkidul yang tergabung dalam Ketoprak Margo Budoyo selalu serius mempersiapkan. Tidak bermain seadanya dan selalu mengedepankan kualitas.

Seperti menjelang mementaskan lakon 'Sekar Seda Lepen' di lapangan Tunas Manunggal, Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul, Sabtu (8/10/2022) malam, dalam program Bangkit Berkarya Lagi!!! dengan dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan pelaksana Rosan Production pimpinan Butet Kartaredjasa.

"Ini pertunjukan yang termasuk event nasional, tentu kita persiapkan semaksimal mungkin termasuk waktu latihan. Jika biasanya latihan enam kali, khusus BBL latihan sembilan kali," tutur Rantoni Kusnawan, Perancang/Koordinator Pentas, Rabu (5/10/2022).

Ketoprak Margo Budoyo sebenarnya sudah lama ada, tapi yang akan tampil kali ini merupakan anak-anak muda sebagai hasil regenerasi.

"Rata-rata pendukungnya berusia di bawah 35 tahun. Ada pemain yang baru, bahkan belum pernah sama sekali main ketoprak," kata Rantoni.

Naskah yang ditulis Damar Tri Susilo ini disutradarai Suyanto, artistik digarap Lukas Priyo Arintoko, penata musik Sandiyo. Pemain terdiri dari Akiri, Helena Tri Buana, Yesadfona, Yuniarti, Harmanto, Tri Gunawan, dengan bintang tamu Niken Sarinten dan Mbah Baut. Kesempatan untuk tampil dalam program untuk membangkitkan kesenian tradisional setelah Pandemi Covid-19 ini memberikan semangat luar biasa.

Tentang dipilihnya Hargosari sebagai pentas antara lain karena jauh dari keramaian kota sehingga animo warga masyarakat tinggi. Di samping itu, tambah Rantoni, diharapkan juga bisa mendorong peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat. (Ewp)

Kredit

Bagikan