Cast Film Qorin Sapa Penggemar di Yogya, Bawa Pesan Perempuan Berbalut Horor

user
Tomi Sujatmiko 05 Desember 2022, 09:40 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Cast dan sutradara film horor Qorin menyapa penggemar di Pendopo Lawas Alun-Alun Utara, Minggu (4/12/2022) malam. Film yang telah ditonton lebih dari 300 ribu penonton dalam 3 hari penayangan ini membawa pesan perempuan dalam cerita berbalut horor yang memang kini kembali jadi primadona sinema Indonesia.

Omar Daniel, Zulfa Maharani, Aghniny Haque, Naimma Aljufri, Cindy Nirmala, Dea ‘Imut’ Annisa, Putri Ayudya, dan Mahardika Yusuf turut menyapa para penggemar di Yogyakarta. Sang sutradara, Ginanti Rona juga ikut bersama rombongan, termasuk Fajar Nugros yang menjadi salah satu inisiator IDN Pictures.

Ginanti Rona yang baru kali pertama membesut film horor pun tak bisa menutupi kebahagiaan karena dalam tiga hari lebih dari 300 ribu penonton telah menyaksikan Qorin di bioskop. “Kami senang banyak orang antusias dengan film ini, dan memang banyak film horor Indonesia yang berkualitas secara story telling juga,” ungkapnya ketika berbincang.

Film Qorin diakui Ginanti mengambil perspektif agama untuk membangun cerita horor. Hal tersebut disadari betul sebagai sesuatu yang sensitif sehingga ia berusaha sedetail mungkin menampilkan tiap bagian.

“Mungkin yang sensitif karena memang perspektif dari agama. Tapi juga kita sebenarnya ingin sampaikan awarness pada orang twrhadap lembaga pendidikan yang aman untuk generasi muda kita. Budaya pop film horor ini salah satu sarana menyuarakan isu penting. Bagaimana isu kekerasan seksual, perempuan bisa saling suport, berani bersuara, memberitahu hal-hal negatif yang tidak benar. Pesan ini yang ingin ditampilkan dalam film,” sambung dia.

Omar Daniel dan Zulfa Maharani pun mengamini harus melalui proses berlatih intensif karena kedalaman cerita dalam film Qorin. Proses reading dan kembali belajar ngaji menjadi bagian penting yang dilakukan selama satu bulan lamanya.

“Kami reading dan juga fisik mental disiapkan. Cerita ini ada pesan penting yang saat memainkan butuh mental dan psikis yang baik. Kita survei cari tahu lebih dalam dan hati-hati dalam memerankannya,” pungkas Omar.

Film Qorin menceritakan kisah Zahra Qurotun Aini, seorang siswi di asrama putri. Sudah hampir 6 tahun tinggal di asrama khusus putri, Zahra selalu menjadi siswi teladan yang memiliki segudang prestasi di sekolah.

Zahra pun menjadi ambisius dan rela menuruti apapun perintah Ustad Jaelani, gurunya, demi mendapatkan nilai tinggi, termasuk menerima tugas untuk menjaga seorang siswi baru yang terkenal nakal bernama Yolanda dan mengajak para siswi melakukan ritual Qorin. Zahra tidak menyangka setelah menjalani kedua tugas itu, ia mulai mendapatkan teror dan sering mengalami hal-hal mistis di asrama putri.

Kejanggalan tak hanya dialami oleh Zahra karena Umi Hana, istri Ustad Jaelani, pun menemukan keanehan-keanehan pada gelagat dan benda-benda yang disimpan oleh suaminya. (Fxh)

Kredit

Bagikan