FESTA 2022: Tampilkan Kolaborasi 4 Kawasan Cagar Budaya di Kota Yogyakarta

user
Ary B Prass 05 Desember 2022, 21:07 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA – Sebagai upaya untuk menampilkan karakterisitik dan keunikan kultural empat kawasan cagar budaya yang ada di Kota Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar Festival Jogja Kota 2022 pada 2 – 4 Desember 2022 di Embung Giwangan Yogyakarta.

Festival Jogja Kota (FESTA) 2022 menampilkan seni pertunjukan beserta potensi wilayah kolaborasi masyarakat 14 Kemantren se Kota Yogyakarta yang terklasterisasi dalam 4 Kawasan Cagar Budaya (KCB) yaitu KCB Gumaton (Tugu-Malioboro-Kraton), KCB Pakualaman, KCB Kotabaru, dan KCB Kotagede.

Selama tiga hari, pengunjung disuguhi dengan ragam pertunjukan menarik mulai dari Jagongan, live cooking, DJ Dylan, Kabaret Show, Musik Angkringan, Udara Band, Rubah di Selatan, FLKFSTVLS, Evanloss hingga The Rain.

Adapula sesi diskusi interaktif dalam ‘’Afternoon Tea”, diskusi film beserta para tokoh perfilman serta diskusi interaktif jogja masa depan. Acara ditutup dengan launching Kalender Event Budaya di tahun 2023.

Hari pertama dibuka dengan penampilan DJ Dylan, dilanjut dengan music angkrongan, semakin gelap, masyarakat tampak berduyun – duyun memenuhi embung untuk menyaksikan hiburan gratis tersebut.

Selepas maghrib penampilan Raminten Cabaret Show menambah semarak malam itu ditambah dengan tawa canda empat MC kocak menambah suasana riang malam itu.

Hari pertama menampilkan Jagongan Kraton berupa Teatrikal Tari Nyawiji, kemudian Jagongan Pakulaman dengan menampilkan Macapath Circle of Life, dan ditutup dengan penampilan Damara De.

Hari kedua diisi dengan hiburan DJ Dylan, screening film, Ronie Udara, Jagongan Kotabaru. Musik RT/RW, Jagongan Kotagede, dan ditutup dengan Rubah di Selatan.

Di hari ketiga dimeriahkan dengan penampilan pembukaan DJ Dylan, Screening film, Evan Loss, Drakor, penampilan FLKTVLST, dan The Rain.  

Jagongan merupakan Kolaborasi masyarakat antar Kemantren di Kawasan Cagar Budaya, ini merupakan kegiatan pertama kalinya diadakan di Kota Yogyakarta. Jagongan tersebut yakni ‘’Jagongan Kraton” yang menampilkan kolaborasi kemantren Kraton, Ngampilan, Wirobrajan, Mantrijeron, Gedongtengen dan Tegalrejo.

“Jagongan Pakualaman” kolaborasi Kemantren Pakualaman, Gondomanan dan Mergangsan. ‘’Jagongan Kotabaru’’ kolaborasi Kemantren Gondokusuman, Jetis dan Danurejan. Dan ‘’Jagongan Kotagede’’ kolaborasi Kemantren Umbulharjo dan Kotagede.

Selain beragam hiburan, FESTA 2022 juga  menampilkan booth yang berisi produk-produk unggulan baik kuliner maupun produk kreatif dari masing – masing KCB.  (*)

Kredit

Bagikan