Aktris Kawakan Kirstie Alley Meninggal Dunia, Ini Tips Melawan Kanker

user
Ary B Prass 06 Desember 2022, 20:07 WIB
untitled

Krjogja.com - Kabar duka disampaikan anak-anak Kirstie Alley, mereka mengabarkan bahwa ibu kesayangan yang juga artis kawakan Hollywood itu meninggal dunia, Senin (5/12/2022) setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker.

Kabar sedih itu disampaikan True dan Lillie Parker, anak-anak Kirstie Alley lewat akun Instagram @kirstiealley. Kirstie Alley meninggal dunia pada usia 71.

"Dengan sedih kami menginformasikan bahwa ibu kami yang hebat dan penyayang telah meninggal dunia usai berjuang lawan kanker, yang diketahui baru-baru ini," kata True dan Lillie.

Saat meninggal, Kirstie yang dikenal sebagai Rebecca Howe di sitcom Cheers itu dikelilingi oleh keluarganya. True dan Lillie pun berharap dalam kehidupan selanjutnya sang ibu menjalani kehidupan penuh bahagia seperti saat di dunia.

"Dia dikelilingi oleh keluarga terdekatnya dan berjuang dengan kekuatan besar, meninggalkan kami dengan kepastian akan kegembiraan hidupnya yang tiada akhir dan petualangan apa pun yang ada di depan," lanjut mereka.

Anak tercinta Kirstie juga menceritakan betapa bangganya mereka terhadap sang ibu yang luar biasa.

"Sebagai aktris dia ikonik, tapi dia juga ibu dan nenek yang luar biasa," tutur True dan Lillie dalam pernyataan resmi.

Anak-anak Kirstie juga terinspirasi dengan semangat dan gairah ibu yang meletup-letup. Membuat kehidupan dalam keluarga mereka begitu penuh kegembiraan.

"Semangat dan hasrat ibu untuk hidup, tidak tertandingi. Dan, membuat kami terinspirasi untuk menjalani hidup sepenuhnya seperti yang dia lakukan."

Tak ketinggalan, keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada tim dokter dan perawat di Moffitt Cancer Center. Ini adalah sebuah pusat perawatan kanker di Amerika Serikat yang memiliki visi menciptakan terobosan dan inovasi revolusioner yang berdampak cepat dalam penanganan kanker.

Selain itu, keluarga juga meminta kepada para penggemar Kirstie untuk menghormati masa berduka ini."

Kami berterima kasih atas cinta dan doa Anda dan meminta Anda menghormati privasi kami di saat yang sulit ini."

Kanker yang menyerang Kirstie Alley memang penyakit mematikan, yang bisa menyerang siapa saja tanpa kenal usia. Maka dari itu, sedari dini kita harus bisa mengurangi risiko terserang penyakit satu.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara untuk meminimalisasi risiko terkena kanker, berikut uraiannya sebagaimana dikutip dari Mayo Clinic, Selasa (6/12/2022).

1. Jauhi rokok
Tembakau alias rokok bisa dibilang jadi salah satu sumber penyakit. Mengonsumsi rokok sudah sejak lama berhubungan dengan berbagai jenis kanker, mulai dari kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim, dan ginjal. Orang yang tak merokok saja, hanya sering terpapar asapnya bisa meningkat risiko kena kanker paru-paru loh!

2. Diet sehat
Pola hidup sehat dengan memerhatikan asupan makanan, penting untuk kesehatan secara menyeluruh. Konsumsi banyak buah dan sayuran, makan lebih sedikit makanan berkalori tinggi, termasuk gula rafinasi dan lemak dari sumber hewani, batasi makan daging olahan. Laporan dari International Agency for Research on Cancer, badan kanker dari WHO menyebutkan mengonsumsi daging olahan dalam jumlah besar bisa meningkatkan risiko jenis kanker tertentu.

3. Aktif bergerak
Selain bantu untuk mengontrol berat badan, aktivitas fisik bisa juga bantu menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Orang dewasa yang aktif bergerak, melakukan aktivitas fisik dalam jumlah berapa pun memperoleh beberapa manfaat kesehatan.

4. Lindungi diri dari paparan matahari
Ini jadi sangat penting, karena kanker kulit jadi salah satu jenis kanker yang paling umum dialami, namun sebenarnya jadi salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah. Hindari matahari di pukul 10.00 dan 16.00, saat sinar matahari paling kuat. Tutupi area kulit yang terbuka, tutup kulit sebanyak mungkin.

Pilih busana warna-warna cerah atau gelap, yang memantulkan lebih banyak radiasi ultraviolet daripada pastel atau kapas yang diputihkan. Wajib pakai tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 30, bahkan saat cuaca mendung pun, dan juga re-apply setiap dua jam sekali. Hindari tanning bed dan sunlamps, ini sama merusak kulit dengan sinar matahari alami.

5. Vaksinasi
Pencegahan kanker mencakup perlindungan dari infeksi virus tertentu. Contohnya vaksinasi Hepatitis B untuk kanker hati. Vaksin hepatitis B direkomendasikan untuk orang dewasa tertentu yang berisiko tinggi, seperti orang dewasa yang aktif secara seksual tetapi tidak dalam hubungan yang saling monogami, orang dengan infeksi menular seksual, orang yang menggunakan obat intravena, pria yang berhubungan seks dengan pria, dan perawatan kesehatan atau pekerja keamanan publik yang mungkin terpapar darah atau cairan tubuh yang terinfeksi.

Selain itu, bisa juga vaksnasi Virus papiloma manusia (HPV). HPV adalah virus menular seksual yang bisa menyebabkan kanker serviks dan genital lainnya serta kanker sel skuamosa di kepala dan leher. Vaksin HPV direkomendasikan untuk anak perempuan dan laki-laki berusia 11 dan 12 tahun. (*)

Kredit

Bagikan