Aksi Pantomim Jemek Supardi Ingatkan Bahwa Perbedaan Selalu Ada

YOGYA, KRJOGJA.com – Di tengah hiruk pikuk peringatan Hari Lahir Pancasila di Pagelaran Kraton Kamis (1/6/2017) petang, satu seniman pantomim legendaris Yogyakarta Jemek Supardi memilih menggelar aksi solo di halaman DPRD DIY. Membawa dua buah kotak sebagai pendukung aksi pantomim, Jemek mengingatkan bawasanya perbedaan bakal terus ada hingga akhir jaman.

"Perbedaan itu akan selalu ada di kehidupan kita sampai akhir jaman, bagaimana kita bisa saling memahami itulah yang paling utama. Memahami perbedaan, bertindak selayaknya manusia yang seharusnya, itulah yang wajib dilakukan saat ini," ungkap Jemek sebelum aksi.

Jemek menilai, saat ini kondisi tanah air sudah semakin gaduh diperparah dengan pengkotak-kotakan kelompok yang ternyata saling bermusuhan satu sama lain. Itulah yang membuatnya ingin menyampaikan pesan moral agar masyarakat bisa menahan diri tak larut dalam permasalahan-permasalahan yang sengaja diciptakan oleh pihak tak bertanggungjawab.

"Di era sosial media, banyak orang yang suka berkomentar tapi tak akurat sumbernya, malah membuat suasana semakin gaduh. Kotak-kotak perbedaan diperjelas dan tentu saja itu bukan solusi," lanjut Jemek.

Di peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Jemek pun mengingatkan falsafah negara tersebut harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jemek tak ingin peringatan Harlah Pancasila hanya sebatas seremonial belaka dengan acara yang didesain berlebihan. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI