Angkat Tema “Mereka Rekam” FKY 2021 Resmi Dibuka 

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2021 resmi dibuka pada 16 September 2021 secara daring melalui situs www.fky.id. Berbeda dari tahun sebelumnya, prosesi pembukaan kali ini masyarakat diajak berinteraksi dengan menekan tombol simbol pembuka yang telah disediakan di situs web sebagai penanda FKY 2021 resmi dibuka oleh masyarakat.
Seremoni pembukaan dimulai dengan menampilkan video Laporan Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh Doni Maulistya (Ketua I FKY 2021), dilanjutkan dengan video sambutan Dian Lakshmi Pratiwi, S.S., M.A. (Kepala  Dinas Kebudayaan – Kundha Kabudayan DIY), Dr. Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi), dan Sri Sultan Hamengku Buwono X (Gubernur DIY).
“Memasuki tahun ketiga FKY 2021 mengusung tema Merekam Rekam yang dapat dimaknai dalam dua pengertian, sebagai orang ketiga jamak yang melakukan kegiatan perekaman atau sebagai tindakan menyusun dan merencanakan suatu perekaman atas kebudayaan hari ini. FKY mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat sebagai subjek yang aktif merekam kebudayaan di Yogyakarta,” kata Doni Maulistya.
Pada perhelatan kali ini, lanjutnya, FKY mengangkat visi pencatatan budaya. Kebudayaan adalah proses. Ia terus  berkembang dan bergerak sehingga perlu untuk terus dibaca, dimaknai ulang, diuji, dan dihidupi.

BERITA REKOMENDASI