Babad Diponegoro ‘Kusuma Bangsa’ Dipentaskan di Yudhanegaran, Begini Ceritanya

YOGYA, KRJOGJA.com – Peringatan Milad ke-235 Pangeran Diponegoro sekaligus Hari Pahlawan 10 November berlangsung khidmat di Ndalem Yudhanegaran, Selasa (10/11/2020). Lakon wayang yang diambil dari Babad Diponegoro “Kusuma Bangsa” dimainkan oleh Dalang Ki Catur Kuncoro yang mengisahkan perjalanan hidup Diponegoro.

R Rahardi Saptata Abra, penyelenggara acara mengatakan lakon Kusuma Bangsa sengaja dimainkan dalam peringatan kali ini. Lakon tersebut menurut Rahardi menceritakan perjalanan akhir perlawanan Pangeran Diponegoro melawan VOC.

“Lakon Kusuma Bangsa ini menceritakan masa-masa akhir perlawanan Pangeran Diponegoro. Cerita dimulai saat HB II jumeneng yang mana beliau tiga kali dikukuhkan sebagai Raja Kraton Yogyakarta oleh Belanda dan Inggris. Lakon ini menceritakan juga tentang penangkapan di Magelang dengan detail, ada pengkhianatan Belanda saat meminta pertemuan perdamaian. Jendral De Kock sangat licik dan akhirnya Pangeran Diponegoro dibawa ke Ungaran, Batavia dan Manado lalu ke Makassar sampai akhir hayat. Ini menarik sekali ceritanya dengan durasi tiga jam pementasan,” ungkapnya di sela acara.

BERITA REKOMENDASI