Banjar Wilapa Kraton Rencanakan Terbitkan Majalah Internal

SEBAGAI upaya melestarikan potensi, seni, budaya, tradisi dan kultur yang ada di dalam Kraton Yogyakarta, Kawedanan Hageng Nitya Budaya melalui Tepas Banjar Wilapa atau perpustakaan Kraton Yogyakarta berencana menerbitkan majalah bagi kalangan internal Kraton Yogyakarta. Nantinya dalam majalah ini akan memuat segala macam informasi, mulai adat tradisi, seni budaya, kegiatan dan potensi lainnya di dalam Kraton.

"Sifatnya majalah internal, jadi hanya dikonsumsi kalangan terbatas di dalam Kraton Yogyakarta," tutur Wakil Penghageng Kawedanan Hageng Nitya Budaya Kraton Yogyakarta GKR Bendara kepada KRjogja.com awal pekan ini.

Ditambahkan putri bungsu Sri Sultan HB X ini, majalah ini kemungkinan baru akan diterbitkan awal 2017 mendatang dengan halaman yang masih terbatas, sekitar 6 halaman. Pihaknya tidak ingin mematok target terlalu tinggi karena prosesnya cukup sulit.

"Apalagi semuanya akan menggunakan bahasa dan aksara Jawa. Jadi bukan perkara mudah. Tapi kami akan berusaha," jelasnya.

Menurut GKR Bendara, majalah serupa pernah ada di masa Ngarsa Dalem IX dan sempat terhenti penerbitannya hingga saat ini. Terinspirasi hal itulah, GKR Bendara terpacu untuk menerbitkan kembali majalah yang sampai sekarang belum terpikirkan soal identitas namanya.

"Kalau untuk materi, kami sudah banyak memiliki stok melalui Tepas Tanda Yekti. Cuma kalau dulu, mulai kertas dan tinta diproduksi Kraton sendiri. Tapi kalau sekarang tentu menyesuaikan perkembangan," ucapnya. (M-5)

 

BERITA REKOMENDASI