Berawal dari Sering Nonton Wayang Kulit, Bule Jerman Ini Inovasikan Gamelan

YOGYA, KRJOGJA.com –  Levin Eric Zimmerman, bule asal Jerman ini tertarik dengan gamelan setelah sering menonton wayang kulit. Ia kemudian melakukan inovasi dengan membuat musik gamelan yang menurutnya keren.

“Pengalaman dulu sering nonton wayang kulit, musik gamelannya sangat panjang mengulangi dan mirip mirip, dari sini saya terpikirkan untuk membuat musik gamelan yang keren, dimana terdapat alurnya dan dapat dinikimati," kata Levin di depan penonton Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) 2019 di Plaza Ngasem Yogyakarta, Kamis (22/8/2019).

YGF sendiri berlangsung 19-24 Agustus 2019 yang mengusung tema 'New Gamelan' atau 'Gamelan Baru'.

Grup gamelan yang dipimpin Levin ini berjumlah 4 orang termausk Levin. Mereka hanya memainkan alat musik siter. Dua anggotanya berasal dari Jerman dan Prancis, dan sisanya dari Yogyakarta.

 "Dari dulu gamelan itu sudah adi luhung abadi dan kekal dan cukup rumit, untuk menarik anak muda kita kembangkan inovasi yang menarik, dari sini mereka anak muda akan mengerti sendiri apa itu gamelan," ucap Ari Wulu, Director Yogyakarta Gamelan Festival. (Ghaniy Pramutama/STMM MMTC)

 

BERITA TERKAIT