Bisa Digunakan Tanggulangi Covid-19, Danais Fokus untuk Bantu Seniman

YOGYA, KRJOGJA.com – Dana Keistimewaan (Danais) bisa dipergunakan untuk menganggulangi Covid-19 dalam bentuk pemberdayaan masyarakat sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 35/PMK.07/2020. Dengan adanya amanat tersebut, Danais bisa dialokasikan bagi penanganan wabah virus Corona di DIY sesuai dengan fokus urusan kebudayaan yaitu menanggulangi dampak Covid-19 bagi sekitar 3.708 pelaku seniman dan budayawan di DIY.

Paniradya Pati Kaistimewan Beny Suharsono mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti suara masyarakat dan stakeholder dengan membuat Surat Edaran (SE) yang menghentikan kegiatan yang memang bisa dihentikan, memperketat pengadaan yang sifatnya pengadaan barang dan jasa dihentikan dan digeser alokasinya ke triwulan berikutnya danais 2020 khususnya termin pertama.

“Belum lama ini telah keluar PMK No.35 yang salah satunya berisi danais bisa dimanfaatkan dalam menganggulangi Covid-19 dalam bentuk pemberdayaan masyarakat. Itu adalah amanat yang tegas, karena awal-awal kurang tegas mengingat danais diusulkan dan dikelola Pemda DIY dengan persetujuan dari Pemerintah Pusat. Mekanisme danais ini tidak sama dengan mekanisme APBD reguler meskipun satu kesatuan. Kita lebih tegas lagi dengan mengeluarkan SE danais yang melalui BKK bisa direalokasi dan difokuskan guna penanggulangan Covid-19,” jelas Beny di Gedhong Pracimosono Kompleksl Kepatihan, Selasa (12/5/2020).

BERITA REKOMENDASI