Eksplorasi Keindahan Manusia Lewat Ragamanungsa

ARTOTEL Yogyakarta kembali menyelenggarakan sebuah pameran seni yang berkolaborasi dengan komunitas seniman lokal. Kali ini, bekerja sama dengan Kelas Pagi Yogyakarta, ARTOTEL menampilkan ekshibisi fotografi berjudul ‘Ragamanungsa’ pada tanggal 12 Februari – 5 April 2020 bertempat di Artspace area lobi hotel.

Kelas Pagi Yogyakarta (KPY) adalah sebuah organisasi non-profit yang bergerak dalam karya fotografi dan bertujuan untuk memberikan ruang, fasilitas, serta pembelajaran secara gratis mengenai fotografi kepada masyarakat umum maupun akademisi. Komunitas yang sebelumnya telah terbentuk di Jakarta pada tahun 2006 ini diinisiasi oleh Anton Ismael, kemudian bersama dengan Nana Je Justina mendirikan Kelas Pagi di Yogyakarta pada tahun 2009.

Lebih dari sepuluh tahun mengudara, KPY telah berhasil mementaskan delapan angkatan dengan lebih dari 200 anggota. Ragamanungsa yang berarti juga tubuh manusia adalah tema utama dari penyelenggaraan pameran seni fotografi yang dilaksanakan oleh Kelas Pagi Yogyakarta. Pameran ini menampilkan 17 karya foto dari lima fotografer Kelas Pagi yang masing-masing memberikan sudut pandang dan interpretasi mereka tersendiri terhadap manusia.

Fotografer tersebut adalah; Alfian Widiantono yang mendokumentasikan atraksi pada binaraga jebor di Kota Majalengka, Yohannes Paulus yang memberikan perspektifnya tentang kain batik Parangkusumo melalui ekspresi tubuh model, serta AditZ, Gevi Noviyanti, dan Fay Shahaniya yang sama-sama menunjukkan gerak raga manusia namun melalui dimensi yang berbeda. “Selama masih adanya manusia, tema yang mengangkat soal manusia akan selalu relevan,” ungkap Kurniadi Widodo, atau lebih akrab disapa Cak Ncop, selaku kepala sekolah dari Kelas Pagi Yogyakarta ketika ditemui dalam pembukaan jumpa pers Rabu (12/2).

Gevi Noviyanti, salah satu seniman fotografi yang terlibat dan juga merupakan direktur akademik Kelas Pagi Yogyakarta menjelaskan bahwa proses kurasi untuk ekshibisi ini sangat singat. “Akhir tahun lalu kami mendapat tawaran dari ARTOTEL pusat di Jakarta untuk berkolaborasi. ARTOTEL telah memiliki tema-tema tersendiri setiap bulannya dan kebetulan apa yang kami representasikan cocok dengan tema bulan Februari yaitu edukasi. Kami pun mencari benang merah dari foto-foto yang sudah dikirimkan untuk dikurasi oleh managemen ARTOTEL. Dari situ berangkatlah tema manusia, kita menggali apa saja yang menarik dari manusia dan bagaimana sosok manusia diterjemahkan oleh fotografer atau seniman secara berbeda.”

Cak Ncop menambahkan, “Kami pun berharap dengan adanya pameran ini dapat membuka kesempatan bagi para fotografer atau pencinta seni untuk lebih mengetahui tentang apa itu Kelas Pagi Yogyakarta, untuk lebih sama-sama memperkenalkan KPY dan ARTOTEL. Dan semoga hal ini dapat menjembatani kami untuk melakukan kerja sama dengan komunitas fotografi lainnya.”

General Manager ARTOTEL Yogyakarta, Kusnadi mengatakan bahwa sudah menjadi tradisi bagi ARTOTEL untuk menyelenggarakan pameran seni secara rutin. “Pameran yang kami selenggarakan tidak hanya pameran seni rupa saja, melainkan juga berbagai seni kontemporer lain seperti fotografi, patung, instalasi, dan lainnya. Kamu berharap para tamu hotel dan para antusias fotografi di Yogyakarta dapat datang dan menikmati pameran fotografi Ragamanungsa ini kapan saja dan sepuasnya tanpa dipungut biaya.”
(Adhisti)

BERITA TERKAIT