Erick Thohir Tutup ARTJOG MMXXI

Editor: Ary B Prass

 

Ditemui selepas seremoni penutupan, Heri Pemad menambahkan antisipasi apabila keadaan seperti ini terulang, pihak ARTJOG telah menyiapkan beberapa program diantaranya dengan memperpanjang waktu pameran.

Acara penutupan ARTJOG MMXXI menghadirkan kolaborasi dari Ari Wulu dan Daniel Caesar yang membawakan lagu “Panyuwunan” ciptaan Dr. Kuntara Wiryamartana, SJ. Dipilihnya lagu ini merupakan wujud doa dan harapan dari insan kreatif agar kedepannya industri kreatif dapat terus berkembang dan kembali seperti sebelum adanya pandemi.

Tim kurator ARTJOG telah merumuskan tema tentang “kesadaran” sebagai seri terakhir dari trilogi ARTJOG Arts in Common. Sebelumnya ARTJOG telah menghadirkan tentang “ruang” [common | space ARTJOG MMXIX], dan “waktu” [Time [to] Wonder ARTJOG MMXXI] sebagai tema ARTJOG. Dengan mengangkat kesadaran, festival tahun depan dimaknai sebagai sebuah ajakan kepada semua pihak untuk melakukan refleksi, melihat ke dalam, merengkuh kesadaran masing-masing tentang apa yang harus dilakukan untuk merespon situasi yang terjadi di sekitar kita.

ARTJOG MMXXI dibuka secara virtual di tanggal 8 Juli 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat). Aturan ini mengharuskan ARTJOG untuk berjalan secara daring dan hingga akhir pelaksanaannya tetap tidak dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Walaupun begitu, apresiasi para pecinta seni terus bergulir dan memberi semangat dalam mempersiapkan pelaksanaan berikutnya. Sampai jumpa di ARTJOG MMXXII, tanggal 7 Juli 2022. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI