Festival Halmahera Angkat Potensi Kearifan Lokal

HALMAHERA UTARA, KRJOGJA.com – Berbagai cara dilakukan untuk memperkenalkan potensi wisata  Halmahera Utara. Salah satunya dengan menggelar Festival Wonderful Halmahera Utara 2018. Event yang digelar 26 November hingga 1 Desember 2018 ini bakal mengangkat potensi budaya dan kearifan lokal yang ada di daerah setrmpat. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara Syahril Djurumudi, mengatakan event wonderful ini baru pertama digelar di wilayahnya. Ia berharap event ini bisa menjadi ajang promosi wisata di Halmahera Utara. "Memang kami baru memulainya, barangkali dari even wonderful  yang cukup besar ini kita bisa mengangkat potensi wisata Halmahera Utara," kata Syahril Djurumudi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat gembira mendengar keseriusan para petinggi-petinggi di daerah. Karena menteri asli Banyuwangi itu di berbagai kesempatan selalu menegaskan bahwa maju atau tidaknya pariwisata itu tergantung dari kepala daerahnya yakni Gubernur atau Bupati.

Hampir setiap pulau memiliki keindahan alam yang khas. Pulau-pulau kecil dengan panorama pantai pasir putihnya, keindahan taman laut yang sangat indah dengan aneka ragam ikannya menjadi potensi yang tak ternilai bagi pariwisata.

Keanekaragaman flora-fauna dan budaya serta situs-situs sejarah masa perang dunia II juga dapat dijumpai di daerah ini.   Halmahera Utara merupakan salah satu daerah agraris dengan potensi alamnya yang besar terdiri dari sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, kelautan, peternakan, pertambangan, industri kecil dan kepariwisataan.

Secara geografis, Kabupaten Halmahera Utara berada pada posisi kordinat 10,57-20,0 lintang Utara dan 128,17-128,18 bujur timur.  Luas wilayah kabupaten ini adalah seluas 22.507,32 Km2 yang terdiri dari 17.555,71 Km2 (78%) wilayah laut dan 4.951,61 Km2 (22%) wilayah darat.

Kabupaten Halmahera Utara (Halut) terbentuk pada 31 Mei 2003 dengan ibukota Tobelo. Namun secara administratif Kabupaten Halmahera Utara berbatasan dengan Kabupaten Pulau Morotai di sebelah utara, Kabupaten Halmahera Timur di sebelah timur, Kabupaten Halmahera Barat di sebelah selatan maupun barat. (*)

BERITA REKOMENDASI