FKY 2021: Media Warga Mencatat dan Mencatat Warga

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Semangat pencatatan budaya hadir sebagai kerangka utama dalam penyusunan seluruh program FKY 2021 “Mereka Rekam”. FKY terus menjaga semangatnya untuk melibatkan dan menempatkan masyarakat sebagai subjek utama dalam mewujudkan visi ini. Kebudayaan di Yogyakarta terus tumbuh dan berkembang. Nilai kearifan dan keanekaragaman di dalamnya perlu untuk terus dilestarikan dan dirawat.

Dalam hal ini, pencatatan budaya dimaksudkan dalam rangka pemeliharaan kebudayaan. Peran dan partisipasi aktif warga dalam upaya pemeliharaan ini
memberi sumbangsih penting bagi kebudayaan, terutama warisan bagi generasi mendatang.

Ruang keterlibatan warga dibingkai dalam lima kategori Catatan Warga, yakni Cipta Lagu Anak, Tembang Dolanan Anak, Podcast Situs Bersejarah, Vlog Kuliner Warisan, dan Perekaman Kegiatan Budaya.

“Catatan Warga disusun dengan strategi kompetisi agar kemeriahan FKY 2021 tetap hadir di tengah masyarakat, sekaligus sejalan dalam mempraktikkan semangat pencatatan budaya di sekitar yang acap kali luput dari perhatian. Lima kategori tersebut menyasar lapisan masyarakat mulai dari usia dewasa hingga anak-anak yang menjadi agen kebudayaan di masa depan,” ujar Salsabila Daniswara dari Bidang Komunikasi FKY 2021, dalam siaran pers yang dikirim ke Redaksi.

 

BERITA REKOMENDASI