Gelar Gladi Madya, UKJGS UGM Ubah Lapangan Basket Jadi Arena Tari

SLEMAN, KRJOGJA.com – Lapangan basket di Glanggang Mahasiswa UGM yang biasanya digunakan Unit Kegiatan Basket dan keolahragaan lainnya, diubah menjadi arena tari, Sabtu (13/5/2017). Lokasi tersebut menjadi tempat pertunjukan Gladi Madya 2017, sebuah ajang tahunan dari Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS).

Ada lima tarian yang ditampilkan dalam Gladi Madya tahun ini. Diantaranya Tari Gambyong Pareanom, Domba Nini, Golek Manis, Eka Prawira dan Ciblon. Penarinya sendiri mulai dari berbagai jurusan yang ada di UGM. “Tampilnya berdasarkan angkatan, ada angkatan baru 2016, terus angkatan 2015 dan 2014 juga,” terang Yulia, salah satu pengisi acara.

Baca Juga :

Candiet, Permen Diet Buatan Mahasiswa UGM
Andi Arsana, Dosen Favorit UGM yang Sempat Punya IP 1,2

Mahasiswi Manajemen dan Kebijakan Publik ini juga menerangkan bahwa akan ada penampilan wayang dan karawitan selain tarian. Penonton yang memadati lokasi dibuat riuh dan bertepuk tangan oleh sebelas penari yang mementaskan tari Gambyong. Disusul oleh lima penari yang menampilkan tari Golek Manis. Tak berhenti disitu, penonton kembali dibuat riuh saat penampilan tari Ciblon oleh lima penari.

“Tari Ciblon adalah salah satu tari garapan anggota UKJGS UGM,” ucap pemandu acara. Tari Ciblon sendiri merupakan sebuah tarian yang bercerita tentang permainan air yang dilakukan oleh anak-anak ketika mandi disungai.

Selepas tari Ciblon, dilanjutkan dengan drama tari yang disuguhkan oleh belasan penari angkatan 2014. Acara kemudian ditutup dengan pagelaran wayang yang juga diselingi tari Eka Prawiro dan tari Domba Nini. (Rosalina Woro Subektie)

 

BERITA REKOMENDASI