Jaga Batik, Haryadi Dorong Penyediaan Spot Mencanting

YOGYA, KRJOGJA.com – Penetapan Yogya sebagai Kota Batik Dunia memiliki tanggung jawab besar untuk mempertahankannya. Walikota Yogya Haryadi Suyuti pun mendorong kalangan usaha atau perkantoran agar menyediakan ruang atau spot mencanting yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Menurut Haryadi, semakin banyak spot mencanting yang dapat diakses masyarakat maka minat untuk membatik pun akan meningkat. “Predikat Yogya sebagai Kota Batik Dunia menjadi sebuah tanggung jawab yang besar bagi kita semua. Terutama untuk melestarikan batik agar terus lestari dan tak lekang oleh waktu,” urainya di sela aksi membatik bersama di Galeria Mall, Sabtu (6/11/2021).

Aksi tersebut diikuti oleh 100 pembatik yang ada di Kota Yogya, dan sengaja digelar sebagai bentuk mangayubagya kegiatan Yogya Membatik Dunia dalam ajang Jogja International Batik Biennale (JIBB). Pengelola Galeria Mall pun akan menyediakan spot mencanting yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Begitu pula Pemkot Yogya bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogya akan memperbanyak spot mencanting di perkantoran pemerintah.

Khusus bagi produsen batik, Haryadi berharap dapat menyediakan tempat kerja yang nyaman bagi para pembatik. Sehingga dapat meningkatkan kegairahan kerja untuk terus berkarya. “Dengan sarana tempat yang bersih, sirkulasi udara yang baik, penerangan yang cukup, maka semangat dan motivasi masyarakat untuk membatik akan terus berkembang. Dengan peralatan yang ergonomis dan layout tempat kerja yang efisien pun juga bermanfaat dalam mengurangi kelelahan kerja,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI