Jelang HUT RI ke-76, Pagelaran Wayang Kulit Berbahasa Jepang Diselenggarakan

DALAM rangka menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke-76, Pagelaran Wayang Kulit dalam bahasa Jepang diselenggarakan oleh KBRI Tokyo yang disiarlangsungkan di YouTube pada 15 Agustus 2021.

Heri Akhmadi selaku duta besar Indonesia untuk Jepang mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan karena dalamnya filosofi tentang wayang.

“Indonesia dan Jepang terkenal akan kedalaman filosofi dan budayanya. Permainan wayang mengenai Dewa Ruci juga akan memberitahu kita kedalaman makna dari hidup, rintangannya, dan masih banyak lagi,” katanya.

Melalui acara tersebut, Heri berharap jalinan kedekatan antar Indonesia dan Jepang akan semakin kuat. Ia juga berharap supaya tradisi, filosofi, warisan, dan pemahaman budaya dapat terus dipertahankan kedua negara.

Adegan pertama menampilkan alun-alun Kerajaan Astina, rencana Kurawa untuk membinasakan para Pandawa selalu gagal. Patih Sengkuni memerintahkan para Kurawa untuk membunuh Bratasena. Bratasena adalah Ksatria Pandawa ke-2 yang sangat perkasa dan dianggap sebagai penghalang rencana jahat Kurawa.

BERITA REKOMENDASI