Jogja Festival Forum Expo 2020 : Jadikan Yogyakarta Sebagai Kota Festival Dunia

Direktur Pelaksana Jogja Festivals, Dinda Intan Pramesti Putri, JFFE 2020 dalam konferensi pers melalui aplikasi Zoom mengungkapkan, bahwa tahun ini JFFE mengusung tema ASEAN Focus. “Kita harus memperlihatkan Yogyakarta dengan festivalnya. Selain mensupport, diharapkan negara lain juga bisa melihat festival di Yogyakarta dengan sangat baik,” kata Dintan.

JFFE 2020 tidak hanya sebuah festival namun juga berkaitan dengan kelembagaan. “Karena ada FGD yang melibatkan pegiat festival dengan pemerintah terkait dengan keberadaan perda yang mengatur kebijakan festival,” ujarnya.

Sementara Direktur Hubungan Antarlembaga Kementrain Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Kartika Candra Negara menuturkan, berharap Yogyakarta sebagai kota festival dunia, namun terkadang konsistensi mengadakan festival hanya dimiliki oleh personal bukan komunitas, itu yang harus dirubah. “Kita juga melihat dalam rangka ekosistem bahwa dimana sebuah festival diselenggarakan bisa membangun momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif karena semuanya saling berkaitan,” tambahnya.

Melalui ASEAN Focus juga diharapkan akan banyak partisipan, sebab disini JFFE akan mengoptimalkan teknologi digital. Festival ini akan berlangsung selama empat hari dan diisi sederet agenda kegiatan seperti Panel Discussion, Talkshow, Focus Grup Discussion, Stakeholder Presentation, Festival Presentation dan lainnya.(*)

 

BERITA REKOMENDASI