Karya Seni Bersejarah Jadi Arsip Lahirkan Karya Baru

BANTUL, KRJOGJA.com – Moment peluncuran website www.ingatan.psbk.or.id yang dapat mulai diakses publik 15 Desember 2021, pukul 00:00 WIB, ditandai dengan Bincang Seni “Memperpanjang Ingatan”, Rabu (15/12/2021) malam di Gedung Layang-layang Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Kembaran, Tamantirto Kasihan Bantul.

“Proses pengelolaan koleksi arsip PSBK menawarkan akses langsung ke materi arsip terkait dengan ekspresi seni dan budaya di Indonesia selama periode kehidupan Bagong Kussudiardja sebagai sebuah pengetahuan yang layak dibaca dan dimaknai ulang dalam konteks seni dan budaya hari ini,” ucap Dosen Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi UGM Irfan R. Darajat.

Irfan mengisi diskusi bersama narasumber lainnya Helly Minarti (peneliti/kurator seni), dan Doni Maulistya (kurator pameran arsip Ingatan). “Arsip, dokumenter seni bisa dimaknai ulang, bagaimana warisan koleksi seni ini bisa diaktivasi dan digunakan masyarakat luas mulai dari penelusuran sejarah hingga proses penciptaan karya baru,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI