Kembalikan Marwah Berbahasa dan Beraksara Jawa

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com –  Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Yogyakarta mengadakan gelaran final Kompetisi Bahasa dan Sastra bertema ‘Aksara Jawa Anjayeng Bawana’ di SMA Negeri 5 Yogyakarta mulai 6 hingga 9 September 2021. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan melestarikan kekayaan budaya tradisional, namun sekaligus mengembalikan marwah orang Jawa untuk berbahasa dan beraksara Jawa.
” Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari Disbud Yogyakarta bersama Disbud DIY yang tengah gencar mengkampanyekan Gerakan Aksara Jawa Anjayeng Bawana dan Selebrasi Yogyakarta Kota Hanacaraka. Kemuliaan orang Jawa akan semakin terangkat di ranah dunia dengan mengedepankan identitas lokalitasnya,” ujar Kepala Disbud Kota Yogyakarta Yetti Martanti di kantornya, Selasa (7/9/2021).
Yetti mengatakan agenda ini bukan saja untuk melestarikan kekayaan budaya tradisional, namun juga mengembalikan marwah orang Jawa untuk berbahasa dan beraksara Jawa.  Momentum gelaran final kompetisi Bahasa dan Sastra ini bertepatan dengan peringatan Hari Aksara Internasional yang jatuh pada 8 September 2021.
” Final diikuti 90 peserta pelajar tingkat SD, SMP hingga SMA dan masyarakat umum. Rangkaian pelaksanaan kompetisi bahasa dan sastra ini mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku,” katanya.

BERITA REKOMENDASI