Kesenian Jawa Digelar Sepanjang Malioboro

MENYEMARAKKAN Kongres Bahasa Jawa (KBJ) VI di Hotel Ina Garuda 8-12 November 2016, sepanjang Maliboro akan digelar berbagai kesenian Jawa. Ada membaca geguritan, cerita pendek berbahasa Jawa (cerkak), macapat dan kesenian Jawa lainnya. Sedang di Hotel Ina Garuda tempat kongres berlangsung ada pameran di diluar panggung kesenian termasuk ketoprak dari Jawa Timur.

"Pengeras suara di Maliboro akan mengumandangkan gamelan Jawa dan kesenian Jawa lainnya yang operatornya di tempat parkir Abubakar Ali," terang Ketua Umum Panitia KBJ VI Drs Nursatwika ketika Sosialisasi KBJ VI di Aula Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (11/8/2016).

Pembukaan KBJ VI di Pagelaran Kraton Ngayogyakarta yang akan dibuka oleh Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, 8 November 2016 pukul 19.00. Keberangkatan peserta KBJ VI dari Hotel Ina Garuda ke Pagelaran dan kembali lagi ke hotel, menggunakan becak. Tema KBJ VI 'Basa Jawa Triwikrama' Pengoptimalan Peran Bahasa dan Sastra Jawa di Kabupaten dan Kota yang Berakarkan Budaya Jawa untuk Memperkuat Kebudayaan Nasional. Pasca kongres panitia membentuk Badan Pekerja yang akan menindaklanjuti hasil keputusan kongres.

Peserta kongres 500 orang, kuota Jawa Tengah dan Jawa Timur masing-masing 100 orang peserta, DIY 200 orang peserta sedang sisanya 100 orang untuk peserta dari luar daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY, termasuk dari luar negeri. Peserta akan dibagi dalam tiga komisi masing-masing Pengembangan, Pelestarian dan Pendidikan.

Sebagai pemakalah kunci Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, pemakalah utama Gubernur DIY, Gubernur Jateng dan Gubernur Jatim. Pemakalah khusus bupati atau walikota yang ditunjuk oleh pemerintah daerah provinsi masing-masing. Pemakalah umum siapa saja yang menaruh kepedulian terhadap bahasa dan sastra Jawa dan bersedia menyumbangkan pemikirannya sesuai dengan subtema.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Drs Umar Priyono MPd menyebutkan kongres tersebut sebagai upaya membangun ketahanan budaya dan mengembangkan dengan langkah kongkrit. (War) 

BERITA REKOMENDASI