Ki Manteb Soedharsono, ‘Dalang Setan’ yang Melegenda

BERITA DUKA kembali datang di dunia seni Indonesia. Dalang kondang Ki Manteb Soedharsono meninggal dunia di rumahnya, Desa Doplang, Karangpandan, Jumat (2/7/2021) pukul 09.45 WIB. Ia terpapar Covid-19 dan memiliki penyakit paru-paru.

Menurut penuturan salah satu putranya, Medhot Samiyana, ayahandanya itu mengeluh tidak enak badan usai pulang mendalang dari TMII, Jakarta pada Jumat (25/6/2021). Sampai di rumah, kondisinya memburuk disertai panas dan demam. Dengan kondisi kurang fit, ia memaksakan diri mendalang secara virtual selama hampir semalam suntuk pada Minggu (27/6/2021).

“Tubuhnya lalu drop. Keluarga meminta penanganan dokter dan perawat yang datang ke rumah. Pada dua hari lalu, diswab antigen. Hasilnya positif Covid-19. Ibu juga positif tapi tidak bergejala atau OTG,” kata Medhot kepada wartawan di rumah duka.

Lalu bagaimana sebenarnya perjalanan karir mendalang Ki Manteb? berikut rangkumannya.

Ki Manteb Soedharsono atau akrab dipanggil ‘Dalang Setan’ lahir di Sukoharjo, 31 Agustus 1948, atau tepatnya 72 tahun silam. Ia mendapatkan julukan tersebut lantaran kehebatan dan kegesitan tangannya memainkan wayang. Ki Manteb merupakan putra pertama dari Ki Hardjo Brahim yang juga merupakan seniman tulen, dalang wayang kulit asal Sukoharjo. Sedangkan ibunya juga seorang seniman penabuh gamelan.

BERITA REKOMENDASI