Ki Seno Nugroho Memulai Debut Sebagai Dalang di Usia 15 Tahun

PECINTA wayang kulit di seluruh dunia, Rabu (04/11/2020) berkabung setelah salah satu dalang terbaik Ki Seno Nugroho tutup usia, Selasa (03/11/2020) malam. Ki Seno selama ini dikenal luas sebagai dalang kekinian yang mampu membuat cerita wayang kulit mudah diterima berbagai kalangan.

Sebelum pandemi, hampir setiap malam Ki Seno pentas di berbagai lokasi. Banyak penggemar datang, kehidupan ekonomi di sekitar lokasi pentas menjadi hidup.

Tapi untuk kamu yang kurang suka dengan pergelaran seni wayang kulit, nama Ki Seno Nugroho tentunya masih asing untuk di dengar. Karenanya perjalanan karier Ki Seno Nugroho kita rangkumkan.

Ki Seno diketahui mulai menggeluti dunia perdalangan sejak berusia 10 tahun dan mengawali debutnya di usianya yang ke-15 tahun. Saat itu, dirinya masih duduk di Sekolah Menengah Kesenian Yogyakarta (SMK Negeri 1 Kasihan).

Tertarik pada pedalangan karena kekagumannya terhadap sosok Ki Manteb Soedharsono. Ki Seno dikenal luas melalui pergelaran wayang kulit yang memadukan antara gagrag Surakarta dan gagrag Yogyakarta.

BERITA REKOMENDASI