Kisah Menagih Janji Raja Melalui Pageralan Wayang Topeng di Sonobudoyo

Salah satu pemeran utama pagelaran Wayang Topeng Panji Episode 6 “Jati Pitutur – Pitutur Jati” yaitu Sukirno, sebagai Prabu Lembu Amiluhur yaitu Raja Jenggolo. Ia menjelaskan bahwa yang terpenting dari sebuah pertunjukan adalah proses latihannya.

“Untuk casting kita harus tahu kita menjadi peran apa? ceritanya apa? hafal urutan adegan. Meskipun castingnya beda tapi semua penari pasti hafal urutan adegan. Karena menggunakan topeng dengan tidak berbeda, pakai topeng membuat spes pandangan menjadi sempit. Kami latihan yang cukup lama karena dalam pertunjukan yang penting proses dan hasilnya pada pementasan”

Selain Wayang Topeng Panji Episode 6 “Jati Pitutur – Pitutur Jati”, Museum Sonobudoyo juga mengadakan pagelaran rutin di tiap minggunya. Pagelaran telah kembali dilaksanakan setelah Jogja ditetapkan PPKM level 2, dimulai sejak 28 Oktober 2021.

“Setiap minggunya terdapat tiga pertunjukan utama, Selasa wayang kulit, Rabu dan Kamis pertunjukan kesenian daerah lalu di weekend atau Jumat Sabtu Minggu ada wayang topeng Panji” Yusuf Putra Utama, MC sekaligus guide pertunjukan kesenian yang ada di Museum Sonobudoyo.

 

Mishbahu Rahmah

Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga

BERITA REKOMENDASI