Kolaborasi 2 Youtuber, Lahirkan Program ‘Sowan’

COVID-19 mencemaskan bagi kedua Youtuber Anes Prabu dan Hasfi Asmaralaya. “Mencemaskan karena tidak ada aktivitas kesenian di panggung,” kata Anes Prasetya yang lebih dikenal Anes Prabu kepada KRJOGJA.com, Sabtu (04/07/2020) dicelah syuting program ‘Sowan’ di Sanggrahan Plumbon, Banguntapan Bantul.

Dibenarkan Hasfi Asmaralaya, adanya Covid-19 ini puluhan acara telah deal, akhirnya ditunda dan bahkan dibatalkan. “Peralatan sound system, lighting, kamera untuk kepentingan pertunjukan dan konser hanya ngendon di rumah,” ujar Hasfi. Di tengah realitas itu, muncul ide kreatif. Sebagai Youtuber dan pelaku seni sepakat yakni Anes Prabu.com dengan Asmaralaya Art Production melakukan kolaborasi, maka lahirlah Program ‘Sowan’ Channel Asmaralaya TV.

Ditegaskan Anes dan Hasfi, Program ‘Sowan’ sebenarnya didedikasikan untuk melakukan pengarsipan dan dokumentasi seniman, budayawan, politikus, pengusaha atau profesi apapun yang punya nilai. “Nilai bisa bermakna pengabdian, dedikasi, totalitas, perjuangan, loyalitas terhadap profesi tertentu dengan beragam pandangan dan visi. Pandangan, pemikiran layak untuk disimak,” kata Hasfi.

Program ini sudah diawali Mei, mulai berproduksi mulai Juni – Juli. “Kami sudah berhasil mendokumentasikan 15 orang/tokoh. Targetnya 100 orang dari beragam profesi,” kata Anes. Diakui Anes dan Hasfi, banyak sekali yang berminat dan bersedia untuk didokumentasikan ‘Sowan’, tetapi untuk bisa masuk program ini sangat selektif sekali.

BERITA REKOMENDASI