Kolaborasi Antar Seniman Lintas Bidang Seni

KISAH-kisah kecil dalam balutan cerita besar kadang tidak banyak diketahui. Malahan cenderung diabaikan karena dipandang tidak begitu penting untuk dketahui. Meskipun sebenarnya, cerita-cerita kecil tersebut akan mampu menjadi sebuah kisah yang apik ketika diolah dengan baik.

Sudut pandang inilah yang kemudian mengilhami sejumlah seniman untuk menghasilkan karya perttunjukan 'Sampai Hari Ini' dalam acara Jagongan Wagen di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul, Sabtu (23/9/2017) malam. Sebuah cerita kecil dari bagian lakon besar sekelas Ramayana menjadi sajian yang menawan dengan tata garapan maksimal.

"Bagian pertama dari salah satu buku Seno Gumira Ajidarma berjudul 'Kitab Omong Kosong' (Persembahan Kuda) merupakan salah satu sumber inspirasi bagi seniman pertunjukan kali ini untuk menyerap semangat kreatif dan kritis penulisnya," tutur Kurator PSBK Wisnu Yudha Wardana sela acara.

Karya sastra Seno Gumira menurut Yudha selama ini dikenal tajam mempertanyakan kembali nilai-nilai kebenaran, perdamaian dan keadilan yang telah mapan. Sejumlah seniman lintas bidang seni tampil berkolaborasi sehingga menghadirkan pertunjukan yang luar biasa. Alur cerita dari seniman teater, olah gerak dari seniman tari, pencahayaan
dari seniman tata cahaya hingga beragam obyek visual dari seniman rupa memberi komposisi yang pas.

Dikisahkan tentang perjalanan cinta yang melahirkan rasa sakit karena tumbuh di atas pondasi kepercayaan yang rapuh. Bisikan jahat bertebaran menceraikan manusia dengan akal sehatnya.

"Bukan sekedar menceritakan kembali. Setiap seniman ditantang mengolah berbagai peristiwa dan menghadirkan respon artistik sesuai disiplin seni masing-masing," ungkap Yudha. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI