Kompetisi Menulis Blog tentang Batik

YOGYA (KRjogja.com) – Mengusung misi agar batik lebih dikenal dan diapresiasi, di dalam dan luar negeri Panitia Jogja International Batik Biennale (JIBB) menyelenggarakan kompetisi menulis blog. Kompetisi yang mengusung tema 'Tradition For Innovation' berlangsung 23-10 Oktober 2016.

“Harapan kami dengan adanya kompetisi ini, batik tidak hanya sekadar menjadi pajangan di museum. Kami ingin melanjutkan edukasi tentang makna batik di seluruh Indonesia dengan adanya tulisan-tulisan tentang makna batik,” ujar Polin Napitupulu, Ketua III panitia Jogja International Batik Biennale,  dalam acara Sosialisasi Kompetisi Blog JIBB, Sabtu (24/09/16).

Selain keberlanjutan edukasi untuk membuat batik lebih dikenal dan diapresiasi, Polin menambahkan bahwa keberlanjutan edukasi yang berupa tulisan-tulisan tersebut akan dikemas oleh panitia untuk menjadikan Yogyakarta sebagai representasi kota batik dunia. “Tulisan-tulisan itu akan dikemas untuk memenuhi 7 kriteria dari World Craft Council (WCC) agar Yogyakarta dapat menjadi representasi kota batik dunia, beberapa dari kriteria itu ada education, sustainability, dan internationality,” papar Polin.

Kompetisi blog JIBB tersebut memiliki pilihan tema yaitu Jogja Kota Batik Dunia, Batik Untuk Dunia, Batik Antara Tradisi dan Inovasi dengan tanggal pendaftaran karya 23 September-10 Oktober 2016. Karya tersebut akan dinilai oleh KRT Thomas Haryonegoro (Pemerhati Batik dan Museum), M Arief Budiman (Blogger dan Praktisi Komunikasi Kreatif), dan Poerwaka (Blogger dan Jurnalis Kebudayaan).

Karya terbaik akan diumumkan pada 12 Oktober 2016 dan masing-masing karya terbaik akan mendapatkan Rp 5.000.000. Untuk info selengkapnya www.jogjabatikbienalle.com. (MG-07)

BERITA REKOMENDASI