Konser Gamelan Berlatar Wayang Kreasul Sapto Raharjo, Buka YGF ke-26

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com- Perhelatan 26th Yogyakarta Gamelan Festival atau Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-26 dibuka dengan penampilan Sanggar Anak Seni Nusantara Sekar Jati Laras berlatar wayang Kreasul karya Sapto Raharjo, Kamis (23/9/2021).  Tidak hanya gamelan yang memenuhi panggung YGF ke-26, di bagian belakang terpampang deretan wayang kontemporer.

Sapto Raharjo, penggagas YGF, membuat wayang Kreasul pada 1975. Keunikan wayang kontemporer ini terletak pada nama para tokoh wayangnya yang unik, seperti Gatotkaca Kribo, Arjuna Baju Loreng Gawa Pistol, Buto Rewog, dan sebagainya. Tidak hanya itu, wayang-wayang Kreasul buatan Sapto Rahardjo ini memiliki warna yang mencolok (warna neon).

Sapto Raharjo pernah mementaskan wayang-wayang kreasul, antara lain, di Shopping Center Sasana Triguna pada 1975, halaman SMAN 3 pada 1976 dan 1977, serta Purna Budaya pada 1979. Semasa hidupnya, Sapto Raharjo memainkan wayang-wayang buatannya diiringi dengan gending ketawang subakastawa slendro pathet sanga. Lirik-liriknya dikarang oleh Sapto Rahardjo.

Pergelaran YGF ke-26 ini disaksikan secara daring via www.YGFlive.com dengan jumlah penonton mencapai ratusan pada konser hari pertama.

Penonton yang menyaksikan YGF pada hari pertama ini tidak hanya berasal dari berbagai daerah di tanah air, seperti, Palangkaraya, Makassar, Bandar Lampung, dan daerah-daerah di Jawa, melainkan juga luar negeri. Tercatat, penonton dari New York, Sydney, Jerman, Prancis, India, Bangladesh, Kuala Lumpur, Singapura, dan sebagainya ikut menonton YGF ke-26 via daring.

BERITA REKOMENDASI