Kreativitas Anak Muda Dalam Memadukan Kebudayaan, dan Teknologi

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com– Beberapa hari lalu jagad media sosial diramaikan oleh sebuah videoklip yang menyajikan perpaduan musik, visual, tarian, dan elemen-elemen kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Video ini mendadak viral yang hanya dalam beberapa hari langsung menaiki peringkat satu tren video di YouTube dengan jutaan penonton. Video klip tersebut berjudul “Wonderland Indonesia” karya Alffy Rev (26) bersama teman-temannya. Namun ada banyak juga pertanyaan yang muncul setelah videoini viral di media sosial, siapa anak ini? dan mengapa baru terdengar sekarang? Tapi benarkah?

Nama Alffy Rev sebetulnya sudah lama dikenal oleh warganet terutama penonton YouTube. Ia adalah seorang konten kreator yang rajin memadukan musik dengan karya visual. Keunikannya, Alffy Rev selalu mengambil lagu-lagu perjuangan, lagu daerah, dan juga elemen budaya dari banyak daerah di Indonesia. Sebetulnya tidak hanya Alffy Rev, ada banyak sekali kalangan muda lainnya yang membuat dan mengunggah karyanya di berbagai platform media sosial dan digital. Ada yang berupa ilustrasi, aransemen lagu perjuangan, lagu daerah, animasi pendek, sampai film pendek. Namun mengapa hanya karya Alffy Rev yang muncul?

 

“Sebetulnya ada banyak sekali karya-karya anak muda Indonesia yang mengangkat kebudayaan Indonesia dan seni tradisional yang bagus-bagus diunggah di media sosial. Hanya saja kemunculan karya-karya ini seringkali kurang mendapat atensi media-media besar di Indonesia” jelas Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbudristek yang juga memberikan dukungan atas produksi video “Wonderland Indonesia”. Perhatian media-media di Indonesia khususnya tentang kebudayaan atau karya budaya jelas masih sangat dibutuhkan. Apalagi dalam rangka mengimbangi deras masuknya budaya asing.

 

BERITA REKOMENDASI