Kreativitas Anak Muda Dalam Memadukan Kebudayaan, dan Teknologi

Editor: Ary B Prass

 

Saat ini teknologi digital sudah sangat maju sekali. Teknologi ini sudah menjadi bagian dari keseharian pekerjaan kita. Bahkan berdampak pula pada karya-karya budaya, ada banyak sekali karya-karya baru hasil perpaduan seni budaya tradisional dengan teknologi digital. Generasi muda inilah yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital, baik dalam membuat karya maupun dalam berkolaborasi antar kreator. Keberadaan karya-karya anak muda ini berhasil mengangkat nilai-nilai budaya yang selama ini dianggap kuno menjadi karya kekinian dengan bantuan teknologi.

Kini yang dibutuhkan adalah dukungan dan dorongan terhadap karya-karya mereka. Baik dukungan dari pemerintah, media pemberitaan, atau pun media tayang seperti TV. Memang saat ini media-media tersebut masih terbatas mengulas karya yang viral saja. Padahal selain karya yang bagus, karya yang layak pun harus ikut diangkat. Selain untuk mengolah rasa apresiasi juga dapat menjadi inspirasi anak-anak muda.

Keragaman dari kekayaan kebudayaan Indonesia jelas menginspirasi Alffy Rev dalam karya-karya videonya. Di tengah semaraknya arus budaya luar yang masuk saat ini, ternyata anak-anak muda mampu melihat kekayaan kebudayaan dari banyak daerah di Indonesia pun bisa dijadikan inspirasi yang mutakhir untuk karya-karya seninya. “Kalo buat saya pribadi keberadaan musik tradisional itu penting, bukan hanya di notasi saja, tapi lebih ke-rasa nya sih.. Jadi sangat inspiratid buat bikin karya,” ungkap Nana, bassist dari grup band D’Cinnamons asal Bandung

Teknologi digital telah mampu mengejawantahkan ide-ide kreatif anak muda menjadi sebuah karya yang indah untuk dinikmati. Harapan Nana, jika banyak media yang membahas dan mengulas karya-karya tersebut maka tentu akan makin banyak pula anak-anak muda lain yang akan tertarik untuk ikut. Kita tunggu saja karya-karya lain dari Alffy Rev dan karya anak-anak muda Indonesia lainnya dari seluruh pelosok Indonesia. (*)

 

BERITA REKOMENDASI