Lestarikan Budaya, Tari Lengger Tapeng Bakal Digelar Reguler

Bertujuan melestarikan kebudayaan sekaligus mendorong pariwisata di daerah Nglinggo, kelompok pemuda pegiat wisata dusun Nglinggo menggelar pentas seni Lengger Tapeng yang digelar di tengah kebun teh pada minggu (04/04) pukul 08.00 WIB.

Ditemui krjogja.com seusai acara, Ketua Pengelola Wisata Nglinggo Anton Nugroho mengungkapkan antusias warga sangat tinggi,”karena jarang ada pementasan semacam ini dan biasanya digelar pada saat Saparan. Mereka sangat support dan bahu membahu agar acaranya berjalan lancar, mulai dari arak-arakan tumpeng hingga pementasan,” ujarnya.

“Kedepannya kesenian ini bakal digelar secara rutin, kita agendakan setiap satu bulan sekali di minggu keempat atau kelima, dan tentu saja dengan menerapkan prokes,”imbuh Anton.

Tarian ini dibawakan oleh penduduk asli setempat, mulai dari remaja hingga dewasa. Dengan menghidupkan kembali kesenian rakyat ini diharapkan mampu menjadi magnet bagi wisatawan sehingga memberi dampak positif bagi pariwisata dan ekonomi masyarakat. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI