Lokakarya Berpuisi, Joko Pinurbo dan FX Rudy Gunawan Awali ‘Patjar Merah’

YOGYA, KRJOGJA.com  – Penyair Joko Pinurbo akan mengawali gelaran Festival Literasi ‘Patjar Merah’ Sabtu (2/3). Kegiatan yang berlangsung di sebuah bekas gudang di Jalan Gedong Kuning No 118 Yogyakarta ini membuka rangkaian acara yang akan berlangsung 2-10 Maret 2019.

Bersama Joko Pinurbo, Patjar Merah menghadirkan penulis FX Rudy Gunawan dalam bentuk lokakarya ‘Penulisan Kreatif – Puisi’ di hari pertama mulai pukul 10.00 – 12.00. Patjar Merah sendiri digagas dur orang penggiat literasi, Irwan Bajang dan Windy Ariestanty dalam bentuk festival kecil literasi dan pasar buku.

“Dalam festival literasi ini akan dibahas banyak hal terkait dunia literasi di Indonesia bersama puluhan narasumber mulai dari penulis, pegiat literasi di Indonesia, influencer, hingga ke konten kreator,” kata Windi Ariestanty.

Hari pertama selain Joko Pinurbo dan FX Rudy Gunawan juga ada sesi obrolan tentang novel Bumi Manusia yang menghadirkan Max Lane (penerjemah Bumi Manusia), Whani Darmawan (aktor), dan Muhidin M Dahlan (penulis ‘Ideologi Saya Adalah Pramis). Juga obrolan tentang lintas wahana dalam industri literasi – dari buku ke film, dari film ke buku yang mendatangkan pembicara Jenny Jusuf (penulis skenario Filosofi Kopi dan Critical Eleven), Ismael Basbeth (penulis skenario Arini dan Mobil Bekas dan Kisah Dalam Putaran).

Baca Juga : 

Jadwal Lengkap Festival Literasi Kecil dan Pasar Buku 'Patjar Merah'

“Ada lebih dari 8000 judul buku dengan total 1 juta ekslempar buku dari hampir seluruh penerbit di Indonesia yang dijual dengan diskon dari 30 persen hingga 80 persen,” kata Irwan Bajang. Ditambahkan rencannaya  Patjar Merah ini dimulai di Yogya, dan akan mencoba melanjutkan lagi di kota-kota lain. (Apw)

 

BERITA REKOMENDASI