Lukisan Iqi Qoror Dibanderol Rp 150 Juta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Gelar pameran Para Perupa Muda (Paperu) bertajuk (ng)impi(an) Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 28 telah diresmikan Senin (29/08/2016) malam kemarin. Sebanyak 74 karya dari 60 perupa muda dan perupa senior undangan tanah air dan mancanegara ditampilkan hingga 5 September 2016 mendatang di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Salah satu karya yakni The Twelve Angry Men Plaster Saint yang dibuat oleh Iqi Qoror menjadi karya termahal yang ditampilkan dalam Paperu kali ini. Perupa muda tersebut membanderol lukisan yang berukuran 3 x 1,5 meter dengan harga Rp 120 juta.

Namun demikian, karya tersebut hanyalah salah satu diantara 74 lainnya yang dibuat dengan ketulusan dan minat seni tinggi. Beberapa instalasi dan lukisan bahkan menampilkan perpaduan seni rupa modern yang sungguh menarik untuk disaksikan secara detail.

Tim seleksi yang terdiri dari Prof Dwi Marianto Phd, Rain Rosidi (narasumber FKY 28) dan Hendra Himawan (kurator PAPERU) tampaknya sangat serius memilih karya yang masuk untuk layak ditampilkan dalam gelaran tahun 2016 ini. Hendra Himawan sendiri mengatakan Paperu kali ini sengaja memberikan ruang pada para seniman muda untuk merayakan mimpi dan imajinasi untuk dituangkan dalam karya.

"Paperu tahun ini kami sebut ruang imajinasi dan mimpi para seniman muda. Mereka bisa membaca tanda-tanda masa depan dan masa kini kemudian dituangkan dalam sebuah karya visual, inilah yang menjadi kekhasan Paperu kali ini," ungkapnya.

Sementara Koordinator acara, Arsita Pinandita mengungkapkan Paperu bisa dijadikan salah satu panggung seniman muda untuk menunjukkan karya terbaik sehingga maknannya bisa tertular pada audience yang menyaksikan. "Paperu ini bisa dijadikan sebuah arena untuk menakar produksi artistik seniman muda, sehingga publik dapat merasakan getaran estetik yang terpancar dari masing-masing karya di dalam ruang pamer TBY," ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI