Majukan Seni Islami, Seniman Muhammadiyah Yogya Dideklarasikan

SEIRING konsep dakwah kultural yang akan makin digelorakan di tengah masyarakat, sejumlah seniman yang selama ini aktif berkecimpung di Persyarikatan Muhammadiyah, diinisiasi Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Yogyakarta dan Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah DIY melakukan deklarasi untuk makin menguatkan komitmen tersebut.

"Kami sepakat dan sudah siap untuk memajukan seni budaya sebagai salah satu sarana media dakwah kultural. Melihat dinamika masyarakat, dakwah kultural sebenarnya lebih dapat diterima masyarakat Yogyakarta yang dekat dengan kultur seni budaya," tutur Ketua LSBO PWM DIY KRT Akhir Lusono MM kepada KRjogja.com, Kamis (4/8/2016).

Dalam kesempatan deklarasi tersebut ada enam butir yang disepakati bersama, yakni mengedepankan arti pentingnya seni dengan berdasarkan agama Islam, mendorong seniman Muhammadiyah lebih bersifat terbuka atau mulai membuka diridengan melakukan dakwah secara internal maupun eksternal.

Poin deklarasi selanjutnya, yakni menjadikan ideologi seni Islami untuk mencerahkan dan membebaskan kaum marjinal, membangun momentum besar bersama antar LSBO dari berbagai organisasi di dalam Muhammadiyah mulai tingkat ranting hingga pusat setara dengan Muktamar, sadar dan berani menunjukkan identitas diri sebagai seniman Muhammadiyah dan menghidupkan LSBM melalui Musyawarah.

"Harapannya dengan deklarasi ini makin menguatkan posisi Muhammadiyah dalam dakwah kultural yang selama ini justru diidentikkan Muhammadiyah jauh dari konsep dakwah tersebut," ucap Akhir. (M-5)

 

BERITA REKOMENDASI