MayinArt Galeri Bawa Angin Segar Seniman di Tengah Pandemi

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Berbasis di Singapura, platform kurasi seni MayinArt Gallery hadir untuk pertama kali di Indonesia, berlokasi di Perumahan Sonosewu Baru No. 446 Yogyakarta yang belum lama ini diresmikan. Kehadiran MayinArt seolah memberi angin segar bagi para seniman yang terkena imbas akibat banyaknya galeri yang terpaksa tutup karena pandemi.
Meskipun Galeri ini berbasis online namun tidak jarang MayinArt mengadakan pameran fisik, hal ini guna mendukung senimannya agar tetap berkreasi sepanjang masa. MayinArt membuka peluang bagi seniman muda yang belum terkenal maupun seniman yang terkenal  untuk bergabung. Meskipun terbuka dalam menemukan seniman dan karya berkualitas, MayinArt memiliki kurator lokal dan manajemen seni di negara-negara yang menjadi fokus mereka. Proses kurasi tidak terbatas pada pemilihan seniman dan karya seni, tetapi juga menangkap emosi dan perasaan kreatif seniman guna membangun konten untuk detail karya seni yang kami sajikan di situs web kami. Ini membuka jalan untuk hubungan yang lebih dalam dengan setiap seniman yang bergabung.
Kontri Representative MayinArt Indonesia, Deti Lucara menjelaskan para seniman tersebut juga difasilitasi dengan pengetahuan teknologi, karena untuk menampilkan suatu karya dalam visual web memerlukan konten yang menarik.
“Kendalanya banyak seniman yang tidak sempat atau kurang bisa membuat konten video, untuk itu kita juga menyediakan tim yang akan membantu mendokumentasikan proses pengerjaan suatu karya, karena MayinArt tidak hanya memamerkan karya saja, namun juga proses dibalik karya tersebut. Dan itu bisa menjadi nilai lebih,”tutur Deti.

BERITA REKOMENDASI