Melalui “Seni Sana Sini” Mari Berdonasi

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com- Kita semua mengetahui dan sepakat bahwa kondisi tahun lalu amat sulit bagi sebagian besar masyarakat dengan profesi apapun, tak terkecuali bagi seniman semua disiplin. Mulai dari pameran seni rupa, panggung musik, pagelaran seni budaya seperti tari maupun teater terhenyak secara mendadak dan berhenti dalam waktu yang belum bisa ditentukan.

Yogyakarta sebagai kota budaya yang majemuk dan masyarakatnya yang ramah ini berusaha bangkit dari keterpurukan itu. Melalui Kundha Kabudayan DIY, diadakan sebuah pagelaran dengan format baru yang dikemas dengan canda tawa seperti ciri khas Yogyakarta yang menghadirkan memori dagelan sebagai bentuk hiburan.

Acara ini bagian dari Program Donasi Seni yang bertajuk “Seni Sana Sini” dengan mengajak seniman lintas disiplin dan generasi, antara lain Pragina Gong, Paksi Band, Sanggar Seni Taman Mekarsari, Nalitari, Jemek Supardi, Purwanto, Sukoco, Anting Retno, Paguyuban Panatacara Yogyakarta, Supana (pengrajin topeng klasik), dan Anang Saptoto.
Acara ini akan dipandu oleh Gundhisos, Putri Manjo, Rio Srundeng, dan Trinil pada Jum’at, 5 November 2021 mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai. Untuk dapat menikmati sajian ini akan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Taste of Jogja Kundha Kabudayan DIY.

Pragina Gong, sebuah komunitas tari yang nantinya akan menghibur dengan sajian tari tradisional yang membuat kita berdecak kagum diiringi musik etnik mix kontemporer, kemudian Sanggar Seni Taman Mekarsari, sebuah sanggar seni tari dari Gunungkidul yang dipimpin oleh Sri Suhartanti, S. Sn ini turut kami libatkan sebagai bagian sebagai penampil.

Lalu ada Paksi Band yang digawangi Paksi Raras Alit bersama teman-temannya akan melantunkan musik keroncong yang tentunya membuat kita semua untuk bernyanyi bersama.
Siapa yang tak kenal dengan sosok Jemek Supardi, seniman teater senior yang mengekspresikan bentuk keseniannya melalui pantomim ini akan turut meramaikan panggung “Seni Sana Sini”.
Bersiaplah bersama Purwanto, Sukoco, dan Anting Retno yang akan menyuguhkan racikan musik mereka bertiga dengan dinamis. Kemudian Anang Saptoto, seorang seniman desain grafis yang akan berbagi praktik kesenian untuk rakyat yang ia rangkum dalam Panen Apa Hari Ini.

BERITA REKOMENDASI