Mengenal Topeng Nusantara dan Menikmati Tari 6 Negara

PERNAH mendengar salah satu topeng terbaik dunia berasal dari Papua? Topeng tersebut bernama Sepik dan menjadi salah satu topeng yang dipamerkan dalam Internasional Mask Festival pada 27 Oktober 2018. 

Tak hanya menampilkan pameran topeng, festival ini juga berisi seminar dan pertunjukan Tari Topeng dari enam negara. Negara-negara yang terlibat diantaranya, Thailand, Vietnam, Filipina, Polandia, Spanyol, dan Malaysia. Tak sekadar menikmati cantik dan magisnya topeng, peserta juga medapatkan ilmu melalui seminar sebagai salah satu rangkaian acara. 

Seminar dengan judul 'Stilisasi Tari Topeng Klasik Yogyakarta' Membahas Tari dan topeng sebagai harmoni. Topeng sendiri telah menjadi budaya di berbagai negara. Seperti yang disampaikan Sumaryono selaku pembicara seminar.

"Topeng itu ada dimana-mana, hampir disetiap negara memiliki budaya topeng tradisi. Seperti di Meksiko, Korea, Jepang dan tentunya Indonesia. Khususnya di Jawa, topeng seringkali dipertunjukan di acara-acara seremonial,”ungkap Sumaryono.

Sembari memberikan materi kepada peserta, Sumaryono juga menunjukan berbagai macam topeng di Indonesia. Kemudian seminar diakhiri dengan penjelasan secara garis besar mengenai topeng.

"Pada hakikatnya, topeng itu adalah penyamaran atau pengganti representasi karakter tertentu. Topeng tidak hanya berbentuk benda, make-up yang semakin mengaburkan wajah asli orang juga bisa disebut topeng,” pungkas Sumaryono.

Festival ini diakhiri dengan melakukan flash mob bersama dengan para peserta. Tanpa membebankan biaya sedikitpun kepada peserta, tentu festival ini sangat sayang untuk dilewatkan. (Riana Romadhon)
 

BERITA REKOMENDASI