Menyaksikan Wayang Berdurasi Singkat di Museum Sonobudoyo

OPERASIONAL berakhir, bukan berarti tidak ada yang bisa dinikmati dari Museum Sonobudoyo. Di hari kerja coba sesekali kunjungi museum ini saat malam hari. Sebuah pagelaran wayang yang rutin ditampilkan akan menyambut para wisatawan. 

Pagelaran wayang tersebut ditampikan setiap hari mulai pukul 20.00 sampai pukul 22.00 kecuali pada hari libur.  Dimodifikasi menjadi hanya dua jam saja, pagelaran wayang ini menjadi satu-satunya wayang durasi singkat yang masih tersisa di Indonesia. Tentunya salah satu warisan budaya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. 

Seperti yang dipaparkan oleh Marika, wisatawan dari Belanda yang menjadi salah satu penonton pagelaran wayang tersebut. "Pertunjukan wayang ini menurut saya sangat menarik. Saya memang kesulitan untuk mengerti pertunjukan ini karena saya berasal dari Belanda. Tetapi saya merasa bahwa pertunjukan wayang ini luar biasa. Saya belum pernah menyaksikan pertunjukan seperti ini," ungkapnya.  

Menariknya lagi, pagelaran wayang akan tetap dipentaskan tidak terpengaruh oleh ada atau tidaknya penonton. Jika tertarik berkunjung, hanya dengan membayar Rp. 20.000,- wisatawan dapat menyaksikan wayang di Pendopo Timur Sonobudoyo. Kini menyaksikan pagelaran wayang tidak perlu menahan kantuk semalaman. (Riana Romadhon)

BERITA REKOMENDASI