Mereka yang Menunggu di Banda Naira, Mengenang Pertemuan Tokoh Pergerakan Indonesia

BANDA NEIRA, Kepulauan Banda, Maluku merupakan lokasi pembuangan para tahanan politik zaman Hindia Belanda pada awal abad ke-20. Tempat ini juga menjadi saksi bisu pertemuan empat tokoh pergerakan Indonesia yaitu Sutan Sjahrir, Mohammad Hatta, dr Tjipto Mangoenkoesoemo dan Iwa Koesoema Soemanteri.

Titimangsa Foundation dan Bakti Budaya Djarum Foundation mengangkat kisah para tokoh besar Republik Indonesia di tanah pembuangan Banda Naira ini dalam lakon Mereka yang Menunggu di Banda Naira. Lakon yang kaya akan kisah sejarah tersebut dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya mulai Jumat, (17/12/2021) Pukul 19.00 WIB selama enam bulan ke depan. Lakon tersebut merupakan dokumentasi pementasan pada 25 November 2021 lalu di Gedung Kesenian Jakarta.

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation menyatakan, lakon ini diselenggarakan hibrid. Bukti bahwa dunia seni pertunjukan di Indonesia dan para pekerja seni selalu menemukan cara untuk terus hidup dan berkembang dalam situasi dan kondisi apapun.

“Semoga penayangan lakon ini di kanal YouTube IndonesiaKaya dapat menjadi solusi hiburan serta sajian di penghujung tahun yang mengedukasi dan menambah wawasan para penikmat seni di berbagai daerah tentang sejarah pertemuan para tokoh penting pergerakan Indonesia ini,” ungkap Renitasari.

BERITA REKOMENDASI