Meriahkan Muktamar ke-34 NU Lesbumi DIY Gelar Pameran ‘Matja’

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengurus Wilayah Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (PW Lesbumi NU) DIY menggelar Pameran Seni Rupa bertajuk Matja #2 di Galeri RJ Katamsi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, 23-31 Desember 2021. Pameran ini digelar setiap lima tahun sekali bersamaan dengan diselenggarakannya Muktamar NU. Kali ini pameran dihelat untuk menyemarakkan Muktamar ke-34 NU di Lampung.

Sekretaris PW Lesbumi NU Yusuf Efendi menyatakan, pameran ini mestinya digelar di arena Muktamar ke-34 NU di Lampung. Tapi karena berbagai hal, akhirnya pelaksanannya dilakukan di Yogyakarta.

“Tidak memungkinkan untuk menggelar di Lampung sehingga pameran tetap dilakukan di Yogya sebagaimana rencana awal. Meski demikian, upaya untuk menyemarakkan Muktamar ke-34 NU tidak surut sama sekali. Utamanya karena tema yang diangkat, yaitu ‘Potret Kyai’,” kata Yusuf, Jumat (24/12).

Hadir saat pembukaan Kamis (23/12/2021) malam, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Ketua PW Lesbumi NU DIY Awwaludin G Muallif, Kurator A Anzib, kolektor seni dr Oei Hong Djien, seniman Nasirun dan beberapa seniman lain yang turut berpameran.

Tema ‘Potret Kiai’ menurut Bupati Bantul sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan bermasyarakat, kiai menjadi rujukan untuk berbagai kebutuhan dan hajatan.

“Dalam tradisi masyarakat, kiai adalah tokoh sentral, panutan, mulia, menjadi referensi. Bahkan sebagian masyarakat menganut ‘urip mati nderek kiai’. Dalam kehidupan sehari-hari, dari kelahiran hingga kematian selalu membutuhkan kiai. Dan ini sangat tepat digelar bersamaan dengan adanya Muktamar ke-34 NU. Kita berharap ada putusan-putusan yang membawa banyak maslahat untuk bangsa dan negara,” ungkap Abdul Halim Muslih.

BERITA REKOMENDASI