MGMP Seni Budaya Gelar Pameran, Wujud Karya Seninya Guru Seni

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com– Guru Seni Budaya di SMA/MA se Kabupaten yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya Kabupaten Bantul menggelar pameran Seni Rupa dan pentas seni bertajuk Semai di Rumah Budaya Tembi Sewon Bantul selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis (12-14/10/2021).
Pembukaanaan pameran ditandai dengan awalan  coretan kanvas oleh Wakil Disdikpora DIY, Suherman MPd dilanjutkan oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Bantul Ismunardi SPd MM, Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto SSos MM dan disempurnakan Kurator Dr Drs Hajar Pamadhi MA Hons.
Dr Hajar mengemukakan, pameran bertajuk Semai ini mengindikasikan bahwa seni itu berkembang, seni itu hidup, maka perlu disemaikan terus. ” Seni tumbuh dalam cita para guru, tetapi sekaligus juga perlu penyemaian,” ungkapnya.
Menurut Dr Hajar, seni itu tidak perlu diinstruksikan tetapi para guru yang tergabung dalam MGMP Seni Budaya di Bantul mengekspresikan kebutuhan dengan dana urunan sendiri.
“Saya yakin karya guru ini akan menjadi panutan siswanya. Selain itu guru juga lebih efektif untuk bisa menyatukan pikiran guru dengan pikiran anak didik. Karena pendidikan itu bukan hanya dari tatap muka tetapi juga tatap hati, sehingga akan menyentuh hati anak didik,” imbuhnya.
Dr Hajar juga berharap , agar para guru seni terus berkarya,  bahkan harus bisa mengkolaborasikan dengan perkembangan dunia, memadukan seni dengan teknologi.
Sementara ketua panitia pemeran, Rudi Atmoko SPd menambahkan, pameran yang mengangkat tema Semai ini dengan maksud menebar suatu benih agar bisa tumbuh dan berkembang melalui proses berkesinambungan hingga eksistensinya semakin diakui keberadaanya.
“Pameran ini merupakan titik awal dan semangat baru setelah lama vakum dalam berkarya dan berkreasi. Pameran pertama digelar tahun 2007 sedangkan yang digelar tahun 2021 ini merupakan pameran kedua,” papar Rudi. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI