Monolog ‘Di Tepi Sejarah’ Bakal Tayang di Kanal Indonesiana

MONOLOG ‘Di Tepi Sejarah’ bakal tayang di Kanal Indonesiana setelah sebelumnya tayang pada kanal Youtube Budaya Saya. Selain itu dapat diakses melalui siaran televisi jaringan Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD) atau laman https://www.useetv.com/livetv/indonesiana atau indonesiana.tv.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim sangat mengapresiasi dan mendukung acara ini. Kanal Indonesiana merupakan kanal media khusus budaya yang di inisiasi oleh Kemendikbudristek. Kanal media ini bertujuan untuk mewadahi, mengintegrasikan, serta mempromosikan karya dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia. Demikian Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, taklimat media yang digelar secara virtual, Senin (20/9/2021) malam.

Hal senada disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menyampaikan harapannya agar publik berpartisipasi dalam mengembangkan dan memanfaatkan Kanal Indonesiana. “Partisipasi yang diharapkan adalah seluas mungkin, di semua kanal. Kita betul-betul ingin melihat karya dan ekspresi dan mencari produksi yang keren-keren di seluruh daerah, salah satu contohnya dengan upaya mementaskan Monolog Di Tepi Sejarah ini,” ujar Hilmar.

Dengan mementaskan di Kanal Indonesiana, Hilmar berharap karya Monolog ini dapat diakses oleh lebih banyak penonton. Sehingga rangkaian monolog ini dapat memberi makna baru bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

“Sudut pandang lain dalam melihat peristiwa sejarah yang ditawarkan dalam seri monolog ini menunjukkan bahwa kontribusi sekecil apapun dalam perjuangan kemerdekaan juga begitu berarti. Tokoh-tokoh yang diangkat dalam pentas ini mewakili semangat perjuangan seluruh komponen rakyat Indonesia kala itu untuk keluar dari penjajahan. Semangat yang sangat dibutuhkan hari ini ketika Indonesia tengah berjuang melawan pandemi,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI