‘Nagih Janji’, Sineprak Gabungan Pemain Muda DIY

KAWULA muda kembali menunjukkan kiprahnya dalam kesenian kethoprak dengan memproduksi sineprak berjudul ‘Nagih Janji’ dan akan tayang di kanal youtube 25 Mei 2022 pukul 19.00. Produksi bersama Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dan Taman Budaya Yogyakarta.

“Mengangkat cerita perang saudara di masa Majapahit,” kata Pimpinan Produksi Rantoni Kusnawan. Pemainnya adalah gabungan pemain muda dari seluruh DIY yang tergabung dalam Tim Pengembangan Kethoprak (TPK DIY). Menurut Rantoni, naskah ditulis oleh Brian Riangga Dhita, sedang sutradara Tedjo Suyanto. Dibantu dua asisten sutradara Dagdo Methekes dan Puji Wahono, semua masih berusia muda.

Ceritanya adalah Prabu Hayam Wuruk mewariskan tahta kepada putrinya Kusumawardhani. Tetapi kemudian, Kusumawardani justru menyerahkan kekuasaannya itu kepada suaminya Wikramawardana. Meskipun, Kusumawardhani sudah berjanji, kalau nanti ternyata menimbulkan kekacauan, maka kekuasaan itu akan dimintanya kembali.

Hal ini menimbulkan kemarahan Bhre Wirabhumi, raja di Pamotan. Bhre Wirabumi adalah putra Hayam Wuruk dari selir. Marah, tersinggung, dari sisi jalur, Wirabhumi merasa lebih berhak karena anak kandung Prabu Hayam Wuruk meskipun dari selir. Sementara, Wikramawardhana hanya menantu. Ditambah lagi, Wikramawardhana sikapnya tinggi hati.

BERITA REKOMENDASI