Najamudin Ramli Buka Pameran Lukisan Basuki Abdullah

JAKARTA, KRJOGJA.com – Lukisan potret karya Basuki Abdullah Dipamerkan dalam pameran temporer Museum Basuki Abdullah "Spirit Potret" Basuki Abdullah. Dalam pameran ini, pengunjung diajak lebih mengenal karya-karya lukisan potret dari pelukis legendaris, Basuki Abdullah.

Basoeki dianggap sebagai satu diantara seorang pelukis potret paling fenomenal di Indonesia. Selama menjadi pelukis, ia dikenal selalu menghadirkan romantisasi obyeknya. Sebuah pilihan melahirkan gaya lukisan realisme romantik (melebihkan aspek-aspek tertentu), yang akhirnya menjadi ciri khas lukisan potret Basuki dalam tempo yang sangat lama.

Pembukaan pameran dilakukan Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Najmuddin Ramly.  "Kita tahu Basuki Abdullah merupakan pelukis potret fenomenal yang dimiliki Indonesia.ujar Najamuddin Ramli.

Menurutnya, mendiang pelukis yang pernah melukis Presiden Soekarno itu tidak memiliki tandingan dalam hal lukisan potret di Asia."Dia adalah pelukis besar dunia, pelukis besar Tanah Air. Semoga bisa menjadi panutan kita semua," kata Ramly.

Selain terdapat lukisan-lukisan yang dilukis oleh Basuki Abdullah, pameran ini juga memamerkan 25 lukisan dari 19 perupa. Melalui pameran ini, Ramly berharap masyarakat bisa semakin mengenal sosok Basuki.

Basuki dikenal sangat baik dalam membuat lukisan potret selain karena presisinya yang sangat baik juga karena waktu melukisnya hanya sebentar. Basuki Abdullah pun, menurutnya, juga bisa dikenal sebagai diplomat budaya karena telah banyak mengenal tokoh-tokoh dunia dan juga tokoh-tokoh Indonesia.

"Dengan tema potret merupakan salah satu Sarana penyebaran informasi sebagai upaya memberikan pemahaman tentang arti penting peran Museum Basuki Abdullah dan pelukis Basuki Abdullah dalam dunia seni rupa Indonesia," ujarnya. (Ati)

BERITA REKOMENDASI