Nguri-uri Budaya Sambil Berdakwah, Anggota DPD RI ‘Ngethoprak’ di Kulonprogo

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Anggota DPD RI Daerah Pilih DIY, Afnan Hadikusumo dan Anggota DPRD DIY Hamam Muttaqin ikut serta dalam agenda seni Kethoprak Muhammadiyah yang diselenggarakan di lapangan parkir Stadion Cangkring Kulonprogo Sabtu (15/9/2018) malam. Cerita berjudul Jumuduling Surya Saka Banaran yang diadaptasi dari AR Fakrudin pun dipentaskan dengan tujuan memberikan teladan generasi milenial. 

Tak hanya Afnan dan Hamam saja yang turut bermain peran dalam gelaran tersebut, Wakil Bupati Kulonprogo H Sutejo pun ikut memeriahkan kesenian semalam. Suasana yang biasanya tak luwes saat para legislator dan politisi berdialog pun berubah cair hingga mudah ditangkap masyarakat yang hadir. 

“Memang harus dihidupkan kembali media dakwah melalui budaya. Saya kira sangat tepat menanamkan nilai-nilai baik melalui kethoprak yang diselingi dialog lucu namun sarat makna. Sosialisasi program pemerintah melalui seni juga tentu akan lebih mengena,” ungkap Afnan saat berbincang dengan wartawan usai pentas, Minggu (16/9/2018). 

Afnan sendiri mengaku akan terus mendukung digregetkannya kembali media dialog melalui kesenian salah satunya kethoprak. Terlebih hal tersebut sesuai dengan semangat Muhammadiyah yang ingin mengembangkan dakwah billisan maupun bil hal. 

“Saya kira perlu dikembangkan, semakin sering maka ada dua misi yang bisa tersampaikan yakni misi dakwah dan juga misi mengembangkan seni budaya. Saya sangat mengapresiasi dan siap terus mendukung kedepan,” tandas cucu Ki Bagus Hadikusumo ini. 

Sementara Ketua PWM DIY Gita Danu Pranata menyampaikan berharap kedepan akan semakin sering diadakan kegiatan serupa yang bisa dijadikan penghubung komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. “Semalam dialog antara eksekutif, legislatif, senator, pimpinan persyarikatan dengan masyarakat bisa terbangun dan sifatnya cair. Semoga kedepan bisa semakin sering agar komunikasi semakin baik lagi,” terangnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI