Pameran Tunggal ‘Kala Rumpang’ Hanafi Muhammad

YOGYA, KRJOGJA.com – Pameran tunggal Hanafi Muhammad bertajuk ‘Kala Rumpang’ digelar di Museum Dan Tanah Liat (MDTL) Yogyakarta, 3-17 Oktober 2020. Dalam pameran kali ini, Hanafi memamerkan 30 karya bermedium akrilik di atas kertas, 9 karya bermedium akrilik di atas kanvas, serta 2 buku yang masing-masing berisi 12 karya akrilik di atas kertas. Tema pandemi Covid-19 menjadi ide penciptaan karya-karyanya tersebut.

Pandemi Covid-19 yang melanda sejak awal 2020 dimaknai oleh Hanafi sebagai ‘Kala Rumpang’. “Kala inilah, waktu ‘jeda’ di antara sebelum pandemi dan sesudah pandemi yang entah kapan adalah waktu untuk mengetahui diri kembali, merefleksikan diri bagaimana sebelum kejadian dari apa yang mungkin terlewat belum atau luput dari pandangan pengamatan kita,” terang Hanafi di sela acara pembukaan pameran, Sabtu (3/10/2020). Pameran dibuka oleh St Sunardi dan dapat dilihat/diapresiasi oleh publik.

Bagi Hanafi, masa Pandemi Covid-19 ini tidak sekedar blackout sesaat dalam peristiwa hidup, namun ia mampu berlama-lama melumpuhkan semua sendi-sendi kehidupan, roda kehidupan berjalan lambat, sehari-hari dihabiskan berhadapan dengan peringatan dan aturan-aturan, hidup di bawah protokol kesehatan. Covid-19 membuat panik, keragaman krisis bermunculan. Krisis ekonomi lebih keras disuarakan ketimbang krisis keadaban.

BERITA REKOMENDASI